Ulik Formula AIDCA, Begini Cara Bikin Caption Iklan Menarik

  • 01 Jun 2020
  • Ahmad Surya Hidayat
  • 1113

Ulik Formula AIDCA, Begini Cara Bikin Caption Iklan Menarik

 

Salah satu strategi dalam upaya digital marketing yaitu membuat konten media sosial yang menarik. Kualitas konten yang baik, tidak hanya didukung dari segi visual seperti foto atau video. Namun, dalam memasarkan produk, Sobat Ala juga perlu membuat caption yang menarik.

Dalam membuat caption, diperlukan kemampuan khusus copywriting. Copywriting merupakan teknik menulis agar sebuah pesan dalam iklan jadi lebih menarik. 

Semakin caption kontennya mudah dipahami dan bersifat persuasif, calon konsumen akan semakin tertarik dengan produk yang Sobat Ala tawarkan.

Ketika membuat caption konten, penting juga suatu formula agar tepat sasaran dalam memasarkan produk. Nah, formula seperti apa sih, yang digunakan dalam pengemasan caption yang menarik? Berikut penjelasannya.

Caption dengan Formula AIDCA

sumber foto: Trueffelpix

 Sejauh ini, jika Sobat Ala ketahui, formula mengemas tulisan menarik atau copywriting, dikenal dengan singkatan AIDA. Namun, yang terbarunya, formula AIDA dikembangkan kembali menjadi AIDCA. Apakah kepanjangan dari AIDCA?

sumber foto: tumpi.id

1. Attention (perhatian)

Formula pertama yaitu perhatian, bagaimana cara membuat caption agar menarik perhatian audiens.

2. Interest (ketertarikan)

Selanjutnya adalah ketertarikan, setelah judul dan kalimat pembuka dapat menarik perhatian, audiens akan tertarik lebih lanjut dengan membaca produk apa yang ditawarkan.

3. Desire (keinginan)

Setelah memancing audiens agar tertarik pada produk, selanjutnya Sobat Ala dapat memasukkan manfaat produk. Dengan penjelasan manfaat produk, tujuannya adalah memunculkan keinginan untuk membeli.

4. Conviction (meyakinkan)

Ini merupakan poin utama dalam konten marketing. Saat audiens telah memiliki minat, perhatian dan hasrat terhadap produk Sobat Ala, tentu ketiga hal tersebut tidak berarti jika pesan tidak meyakinkan. Caption iklan atau konten, perlu meyakinkan audiens terhadap informasi produk yang disampaikan.

5. Action (tindakan)

Sampai pada formula terakhir. Dalam hal ini, Sobat Ala perlu membuat kalimat-kalimat yang meyakinkan, dan ditambah penawaran diskon kepada audiens. Atau bisa juga berupa jaminan jika kualitas produk yang dijual mengecewakan.

Setelah Sobat Ala mengetahui formulanya dari penjelasan di atas, sekarang saatnya Ulik Formula AIDCA, Begini Cara Bikin Caption Iklan Menarik.

1. Buat Kalimat Pembuka yang Atraktif

Langkah awal, siapkan desain foto atau video yang menarik dari produk yang Sobat Ala pasarkan. Mulailah membuat judul caption sesuai produk, ditambah dengan kalimat pembuka yang sesuai keinginan audiens contoh :

“Anda ingin putih mulus seperti orang korea?”

“Anda ingin bensin motor/mobil awet dan mesin nyaman jika dipakai?

Kami ada solusinya!”

2. Tambahkan Kalimat Penunjang Menarik

Buat kalimat-kalimat penunjang yang menarik agar audiens tertarik lebih dalam membaca penjelasan produk, contoh :

“10 dari wanita, hanya 2 tidak mengalami iritasi menggunakan produk wajah.

Hal itu dikarenakan semakin banyak penjual cream muka palsu yang

beredar.”

“Pengguna mobil/motor mengeluh karena bensinnya cepat habis dan

mobil/motor cepat rusak jika diisi bensin campuran.”

3. Beri Ulasan dan Manfaat Produk

Masukkan juga terkait manfaat produk tersebut, seperti :

“Cream wajah dengan komposisi asli dari gingseng yang berasal dari korea dapat menyehatkan sekaligus memutihkan. Ditambah sudah ada izin BPOM.”

“Kapsul oce racing yang mengandung bahan organik dengan komposisi

esensial oil dari kandungan lokal dan berfungsi untuk menaikan oktan dan

juga meningkatkan kualitas bahan bakar.”

4. Yakinkan Konsumen Anda

Terakhir, caption konten menjelaskan manfaat yang didapat jika membeli produk yang dipasarkan. Ketakutan audiens tentang produk yang sama, tapi merugikan, membuat mereka akan berpikir lebih lanjut untuk mempertimbangkan dan menilai keunggulan produk.

Sehingga hal tersebut dapat menggerakkan dan menyadarkan audiens untuk membeli produk yang Sobat Ala pasarkan.

Dalam tahap ini, Sobat Ala harus pintar-pintar menggunakan kalimat yang dapat membuat audiens untuk benar-benar mengambil tindakan. Kalimat-kalimat yang meyakinkan audiens, akan memicu audiens untuk bergegas membeli produk.

5. Berikan Penawaran dan Jaminan Produk

Selanjutnya, Sobat Ala perlu menambahkan penawaran diskon yang diberikan kepada audiens atau jaminan, jika produk yang dijual mengecewakan, contoh :

“Dalam 1 bulan kulit Anda belum terlihat putih, 100 % uang kembali.”

“Pembelian 3 strip eco racing, mendapatkan bonus satu strip eco racing.”

Bagaimana Sobat Ala, sudahkah paham Cara Bikin Caption Iklan Menarik? Jika Sobat Ala masih kesulitan, Sobat Ala bisa menggunakan jasa copywriting profesional dengan mengklik: Alametric.com. Selamat mencoba!


Leave a Reply