Strategi Bisnis Baru melalui Social Media Management di Era 5.0

  • 30 May 2020
  • Afdan Rojabi
  • 658

Strategi Bisnis Baru melalui Social Media Management di Era 5.0

Foto : Marvin Meyer

 

Di era teknologi 5.0 yang digagas di jepang tahun 2019 lalu, masyarakat mulai mengkonsumsi internet lebih terutama dalam penggunaan sosial media. Hal ini tidak luput dari perubahan konsep marketing produk yang dilakukan oleh pebisnis modern, yaitu dengan menggunakan Social Media Management.

Social Media Management adalah proses mengelola dan mengiklankan konten produk di saluran media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, YouTube, Pinterest, dsb. Hal ini sangat cocok untuk meningkatkan audience menjadi customer, customer menjadi pelanggan dan menyebarkan informasi akan produk yang pebisnis jual dan meningkatkan penjualan.

Dikutip dari jurnal Janek B, dkk, ada 2 cara yang dilakukan customer untuk mengenal suatu produk yang pertama dari mulut ke mulut. Biasanya konsumen yang pernah mencoba suatu produk akan memberikan review ke customer lain akan produk yang pernah dibeli.

Hal kedua adalah dengan melihat iklan yang menarik, baik secara tampilan ataupun isi di media sosial. oleh karena itu, branding produk di sosial media sangatlah penting untuk medapat pelanggan baru.

Bentuk Social Media Management

Social Media Marketing adalah salah satu bentuk strategi pemasaran yang memanfaatkan media sosial dalam memasarkan suatu brand atau produk dan layanan informasi untuk para customer. Cara yang digunakan adalah dengan menciptakan konten berupa posting,tulisan, gambar, maupun video yang menarik perhatian dan mendorong Audience untuk berinteraksi dan membagi konten tersebut melalui jaringan sosialnya.

Social Media Management Strategies

1. Memilih komunitas media sosial yang professional

Hal ini berguna untuk membantu customer dalam mengelola sosial media secara professional.

2. Membuat konten yang sesuai dengan produk dan keinginan yang anda mau.

Konten yang dibuat akan menyesuaikan produk dan platform yang anda miliki sehingga dapat terhubung dengan customer anda

3. Manajemen Platform Media Sosial yang akan digunakan.

Pemilihan platform yang tepat akan menambah customer anda dan meningkatkan penjualan

4. Analisis media sosial yang anda gunakan serta melaporkan kinerja terkini.

Analisis yang dilakukan untuk melacak seberapa berpengaruh konten anda terhadap para audience serta memberikan pelaporan bulanan untuk mengetahui komentar, kompetitor, likes dan penayangan iklan.

Social Media Management Platforms

Platform yang digunakan dalam social media management beragam mulai dari Facebook yang berdiri diawal 2000-an, Black Berry Messanger (BBM) yang sempat booming, Twitter yang selalu viral, blog-blog berbagai domain hingga Instagram yang digunakan mayoritas pengguna media sosial saat ini.

Pentingnya Social Media Management di era saat ini, membuat banyak perusahaan melakukan pendekatan kepada customer serta memberi informasi brand atau produk yang dimiliki melalui Media Sosial. Jadi tunggu apalagi, jangan mau kalah dalam berbisnis!


Leave a Reply