Pengaruh Digital Marketing Terhadap Pemasaran Produk

  • 31 May 2020
  • Afdan Rojabi
  • 1739

Pengaruh Digital Marketing Terhadap Pemasaran Produk

photo by me (bisnisumkm.com)

Saat ini sudah memasuki zaman era digital. Hal ini dikarenakan semakin meningkatnya penggunaan terhadap internet. Menurut data dari WeAreSocial yang ditulis di detikInet, pengguna internet di Indonesia mencapai sekitar 175,2 juta di tahun 2020. Data tersebut mengalami peningkatan 10 juta dari tahun sebelumnya. Adanya peningkatan ini disebabkan semakin banyaknya platform yang tersedia dan dapat dijadikan pilihan yang beragam seperti Website, Facebook, Instagram, Youtube, Twitter, Whatsapp, dan lainnya. Begitu beragam platform yang tersedia membuat pengguna internet dapat bebas memilih sesuai dengan kebutuhannya. Pengguna internet juga dapat membeli produk-produk yang diinginkan sesuai kebutuhan hanya dengan tetap di rumah menggunakan gadget yang tersedia. Keuntungan ini juga dirasakan sebagai pelaku bisnis yang menggunakan digital marketing sebagai media pemasaran. Apa itu digital marketing? setelah ini akan dibahas tentang digital marketing. Sebelum lebih dalam tentang digital marketing, bahas terlebih dahulu definisi tentang digital marketing.

Digital marketing adalah sebuah kegiatan usaha/jualan untuk mempromosikan suatu produk dengan media internet yang bertujuan memudahkan dalam mencari konsumen dan memudahkan konsumen untuk mengakses. Serangkaian dan teknik yang dilakukan menggunakan media digital. Selain itu, digital marketing memiliki banyak manfaat.

Adapun manfaat digital marketing yaitu dapat meningkatkan penjualan dengan cara membuat iklan semenarik mungkin dan memberikan informasi yang dapat menjual ke pembeli dengan menarik. Hal ini, membuat menarik konsumen untuk melihat lalu membeli produk tersebut. Manfaat lain yaitu dapat terhubung langsung dengan konsumen dalam jarak jauh sekalipun. Manfaat ini yang membuat media digital lebih unggul dari konvensional. Menggunakan media digital untuk mempromosikan produk memudahkan para konsumen melihat produk, dibandingkan dengan konvensional yang mengharuskan kita langsung ke tempat untuk melihat produk. Digital marketing ini memudahkan pelaku bisnis dalam segi mana pun. Sungguh merugi apabila pelaku bisnis tidak memanfaatkan media digital marketing untuk memasarkan produknya. Apabila ingin mendapat manfaat dari digital marketing, sebagai pelaku bisnis harus mempunyai strategi yang dapat menarik para pembeli. 

Strategi yang tepat seperti membuat konten semenarik mungkin dengan memberikan informasi tentang isi produk dalam bentuk kata-kata yang informatif, dengan ini memudahkan konsumen mengetahui produk yang di promosikan. Strategi selanjutnya dengan mengetahui pasar dalam memasarkan produk, misalkan produk berupa alat kecantikan dengan ini pasar yang dituju adalah wanita. Pelaku bisnis harus tau target pasar yang banyak wanita dengan cara media mana yang sering di akses wanita. Strategi selanjutnya memaksimalkan platform media untuk menjual produk. Platform media saat ini begitu banyak yang bisa memasarkan produk. Sebagai pelaku bisnis harus sering memperbarui dengan konten yang berbeda-beda dan membuat kata-kata yang lebih menarik konsumen. Strategi lain, pelaku bisnis tanpa harus pusing mengurusi konten yang harus dibuat dengan menggunakan jasa media digital marketing. Para pelaku bisnis dapat mengunjungi alametric.com, jasa media digital marketing untuk memudahkan dalam memasarkan produk dengan menggunakan media digital marketing.


Leave a Reply