Pebisnis Wajib Tau, 7 Tips Memanfaatkan Algoritma Instagram untuk Akun Bisnis Anda

  • 16 Jun 2020
  • Kartika Nurdianti
  • 538

Pebisnis Wajib Tau, 7 Tips Memanfaatkan Algoritma Instagram untuk Akun Bisnis Anda

Instagram kini tidak hanya digunakan sebatas berbagi foto antar pengguna saja. Ada banyak pebisnis yang memanfaatkan Instagram menjadi salah satu saluran pemasarannya. Dilansir dari Tempo, hingga bulan November 2017 ada sebanyak 25 juta akun komunitas bisnis Instagram yang didominiasi oleh pebisnis UMKM.

Dengan jumlah akun bisnis yang banyak maka pebisnis perlu bersaing dengan pebisnis lainnya agar pemasarannya dapat sampai ke kuping konsumen. Oleh karena itu, pebisnis perlu memanfaatkan Algoritma Instagram.

Apa itu Algoritma Instagram?

Saat ini setiap sosial media umumnya telah memiliki algoritmanya masing-masing. Algoritma adalah sebuah komponen yang terdiri dari elemen teknis dan data analytics. Algoritma sendiri berfungsi untuk menampilkan konten terbaik untuk pengguna sosial medianya. Mudahnya cara kerja Algoritma Instagram yaitu memberikan konten berdasarkan kebiasaan pengguna di dalam sosial media tersebut. Jadi semakin sering anda melihat konten jenis A, maka konten A akan direkomendasikan terus untuk anda dari Instagram.

Baca Juga: 6 Strategi Social Media Management bagi Pegiat UMKM

Biasanya algoritma di sosial media tiap tahunnya terjadi perubahan terkhusus Algoritma Instagram. Banyak marketer profesional yang berpendapat bahwa Algoritma Instragram 2020 sangat berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Agar pemasaran bisnis Anda di Instagram dapat bekerja secara maksimal maka perlu memanfaatkan Algoritma Instagram. Mengapa Anda perlu memanfaatkan algoritma Instragram untuk memaksimalkan pemasaran bisnis?

Karena dengan memanfaatkannya, akun bisnis Anda akan lebih sering direkomendasikan Instagram sehingga audiens Anda akan selalu melihat unggahan-unggahan akun bisnis Anda.

Tips Memanfaatkan Algoritma Instagram di Tahun 2020

Dilansir dari hootsuite, ada beberapa tips untuk memanfaatkan Algoritma Instagram di tahun 2020. Berikut tipsnya:

1. Unggah Secara Konsisten

Ilustrasi Jadwal Unggahan (sumber: pexels/Bich Tran)
Ilustrasi Jadwal Unggahan (sumber: pexels/Bich Tran)

 

Dalam memanfaatkan Algoritma Instagram anda perlu konsisten. Konsisten seperti apa dalam konteks Instagram? Konsisten mengunggah konten di akun bisnis anda. Tentukan dengan tim anda kira-kira konten apa yang dapat anda hasilkan dengan jangka waktu yang panjang.

Frekuensi unggahan dan pilihan format konten memang sebenarnya tergantung dengan sumberdaya yang anda miliki. Namun, yang paling penting adalah focus mengunggah konten yang anda rasa nyaman. Buatlah jadwal unggahan dan konsisten dengan jadwal tersebut.

2. Unggah Jenis Konten Terbaik

Pada akun bisnis Instagram terdapat bagian yang bernama ‘insights. Bagian tersebut menyajikan berbagai data mengenai akun anda yang diolah oleh Instagram. Anda dapat mengetahui jenis atau format konten seperti apa yang laku di akun bisnis anda. Artinya konten anda akan lebih sering diperhatikan oleh audiens anda. Setelah mengetahuinya, anda dapat membuat konten serupa dan meningkatkan frekuensi unggahan untuk format konten tersebut.

3. Apresiasi Konsumen

Ilustrasi Apresiasi Konsumen (sumber: Instagram/Burgreens)

Pebisnis pasti mengeluarkan produk baik itu dalam bentuk fisik maupun bentuk jasa. Anda dapat mengapresiasi konsumen anda dengan mengunggah foto konsumen saat menggunakan produk anda. Dengan memberikan apresiasi ke satu konsumen, anda dapat menggerakan konsumen lain sehingga mereka mengunggah foto dengan produk anda di akun mereka masing-masing.

Dengan begitu Anda akan kebanjiran photo tagging dan algoritma akan menghitungnya. Semakin banyak photo tagging akun Anda, maka semakin tinggi peluang akun anda direkomendasikan Instagram.

4. Berkolaborasi dengan Konsumen

Kini sudah bukan waktunya lagi untuk bersaing, melainkan berkolaborasi. Dalam konteks pemasaran digital seperti di Instagram, maka anda dapat berkolaborasi dengan akun lain. Berkolaborasi dengan siapa? Dengan akun yang relevan dengan bisnis anda seperti audiens atau konsumen anda.

Berkolaborasi dengan konsumen anda dapat mendatangkan audiens baru ke akun bisnis anda. Audiens yang datang pun yang relevan juga dengan bisnis anda. Saat ini sudah banyak akun bisnis yang berkolaborasi dengan konsumennya sendiri, contohnya seperti Squarespace.

5. Tingkatkan Interaksi

Ilustrasi Interaksi Instagram (sumber: freepik)

Algoritma Instagram melihat interaksi anda dengan audiens anda seperti photo tag, comment reply, dan Direct Messages. Jika terjadi interaksi yang tinggi, Instagram akan merekomendasikan akun anda dan menempatkan akun anda pada bagian explore. Jangan salah, explore sangat penting karena terbukti mendatangkan audiens baru ke akun bisnis anda.

Maka dari itu, tingkatkan interaksi dengan audiens anda. Ada beberapa cara untuk meningkatkan interaksi:

- Buat pertanyaan sehingga audiens Anda dapat memberikan pendapat.

- Tingkatkan DM karena algoritma menghitung jumlah DM anda untuk melihat jumlah interaksi akun anda dengan akun lain.

- Balas komen dengan cepat. Sebetulnya ini tidak berpengaruh langsung terhadap algoritma, namun anda dapat memberikan kesan positif bagi audiens anda.

- Like dan komen unggahan akun lain

6. Gunakan Hashtag dengan Benar

Hashtag adalah fitur Instagram yang banyak digunakan oleh berbagai akun. Namun, tidak sedikit yang menggunakan hashtag secara berlebihan dan tidak relevan dengan konten yang diunggah.

Hashtag secara berlebihan dan tidak relevan akan membuat algoritma tidak merekomendasikan unggahan anda karena dinilai tidak jujur. Jadi kuncinya adalah kejujuran. Gunakan hashtag yang sesuai dengan audiens serta industri anda.

7. Unggah di Waktu yang Tepat

Ilustrasi Data Insights (sumber: socialmediaexaminer/Victoria Wright)

Pengguna Instagram memang ada banyak terutama di Indonesia. Meski demikian, pengguna akun tidak akan selalu aktif memainkan Instagram selama 24 jam. Ada rentang waktu tertentu yang dipilih pengguna akun untuk memainkan Instagram.

Anda dapat memanfaatkan waktu tersebut, waktu dimana mayoritas audiens anda sedang aktif menggunakan atau memainkan Instagram. Anda dapat melihatnya di bagian insights akun bisnis Anda.

Baca Juga: 3 Sosial Media Terfavorit Para Pegiat Bisnis Online

Sekarang Anda sudah mengetahui tips memanfaatkan Algoritma Instagram sehingga akun Anda dapat direkomendasikan Instagram. Konten yang berkualitas saja tidak cukup, jadi Anda harus memperhatikan detail-detail lain dalam memasarkan produk melalui Instagram.


Leave a Reply