Panduan Menggunakan Facebook Business Manager Bagi Pemula

  • 09 Jul 2020
  • Krisna Arya
  • 451

Panduan Menggunakan Facebook Business Manager Bagi Pemula

Facebook, sebuah layanan jejaring sosial yang telah menggemparkan dunia sejak kemunculannya pada Februarui 2004. Dan sejak saat itu, hampir semua orang di seluruh dunia telah menggunakannya dalam bermacam-macam keperluan, salah satunya ialah bisnis. 

Facebook menyadari bahwa bisnis merupakan salah satu aspek yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan manusia. Kontribusi yang telah dilakukan Facebook bagi pelaku bisnis seperti Anda amatlah besar, contohnya ialah dengan Facebook Business Manager.

Facebook Business Manager merupakan pengelola bisnis yang menjanjikan kemudahan bagi Anda yang berminat menjalankan bisnis dengan bantuan Facebook. Kemudahan ini berupa pelayanan manajemen akun bisnis, aset, hingga kegiatan pemasaran produk Anda secara digital.

Bagi Anda yang tertarik dan belum pernah mencobanya, berikut beberapa panduan menggunakan Facebook Business Manager.

Langkah 1: Buat Akun Facebook Business Manager

· Pertama-tama, cobalah untuk membuat Facebook Business Manager Anda. Maka dari itu, langsung masuk saja ke business.Facebook.com, lalu klik BUAT AKUN di pojok kanan atas.

· Setelah itu, isi Nama Bisnis dan Akun Anda, Nama profile, serta alamat email bisnis Anda. Setelah semua sudah diisi, klik BERIKUTNYA.

· Masukan hal-hal detail mengenai bisnis Anda, seperti lokasi bisnis, nomor telepon, website, hingga tujuan dari pemakaian akun ini, apakah untuk keperluan pribadi atau demi kepentingan bisnis lain (agensi).

· Yang terakhir, jangan lupa untuk mengjonfirmasi akun ini di email Anda.

Langkah 2: Tambahkan Halaman Bisnis

Halaman bisnis di Facebook mempunyai fungsi yang sama seperti toko Anda, hanya saja letaknya berada dalam Facebook. Langkah-langkah berikut diperuntukan bagi Anda yang belum memiliki halaman bisnis di Facebook.

· Arahkan kursor Anda ke dashboard “Akun” dalam Pengaturan Bisnis, pilih “Halaman”, dan klik “Tambahkan” pada kotak biru. Nanti akan muncul kotak pop-up dan pilih “Buat Halaman Baru.”

· Pilih beberapa kategori yang sesuai dengan jenis bisnis Anda.

· Lalu isi beberapa informasi yang sesuai dengan jenis bisnis yang Anda pilih, dan terkahir pilih “Buat Halaman.”

Langkah 3: Tambahkan Akun Iklan

Bagi Anda yang belum memiliki akun iklan sama sekali, ikuti beberapa langkah berikut:

· Arahkan kursor Anda ke dashboard “Akun” dalam Pengaturan Bisnis, pilih “Akun Iklan”, dan klik “Tambahkan” pada kotak biru. Nanti akan muncul kotak pop-up dan pilih “Buat sebuah Akun Iklan Baru.”

· Masukan beberapa hal detail untuk akun iklan Anda yang baru. Dan untuk nama akun iklan Anda bisa disamakan dengan akun bisnis Anda. Jika bisnis Anda masih bersifat lokal, pada bagian “Mata Uang”, pilih “IDR-Indonesia, dan klik “Selanjutnya.”

· Tentukan kepada siapa akun iklan ini digunakan. Sesudah menentukan, klik “Buat.”

· Pertama-tama, cari siapa saja yang bisa mengakses dan menggunakan akun iklan ini. Jika bersifat privat, pilih akun Anda saja. Kemudian, pilih salah satu dari ketiga akses standar yang tersedia. Setelah memilih, klik “Tetapkan.”

· Setelah semua selesai, klik “Tutup.”

Langkah 4: Meminta Bantuan Orang Lain untuk Mengurus Pengelolaan Akun

Akan menjadi masalah jika Anda mulai kerepotan untuk membagi waktu antara mengurus bisnis atau fokus mengelola akun bisnis Anda di Facebook, dikarenakan bisnis Anda yang mulai bertumbuh. Maka, cara yang tepat untuk mengatasi hal ini ialah dengan meminta bantuan orang selain Anda.

· Di Pengaturan Bisnis, lihat “Pengguna” pada kolom sebelah kiri dan pilih “Orang”. Klik “Tambahkan” pada tombol biru.

· Di kotak pop-up, masukkan alamat email bisnis anggota tim yang ingin Anda tambahkan, entah itu karyawan atau mitra bisnis. Anda juga bisa menentukan peran dari orang-orang yang membantu Anda.

· Pada langkah ini, Anda menentukan apa saja yang bisa diakses oleh orang-orang yang membantu Anda. Setelah selesai menentukan, klik “Undang.”

· Dengan ini Anda sudah berhasil mengirimkan undangan kerja sama dan tinggal menunggu konfirmasi.

Langkah 5: Menghubungkan dengan Instagram

Jika Anda juga mempunyai akun Instagram, Anda bisa menghubungkannya dengan akun pengelolaan bisnis Anda untuk memperluas jangkauan promosi bisnis.

· Di Pengaturan Bisnis, lihat “Pengguna” pada kolom sebelah kiri dan pilih “Akun Instagram”. Klik “Tambahkan” pada tombol biru lalu mulai menghubungkan.

· Segera “log in” ke akun Instagram bisnis Anda.

· Tentukan aset dan jenis aset yang ingin dihubungkan, lalu klik “Selesai.”

Langkah 6: Buat Iklan Pertama Anda

· Dari “Pengaturan Bisnis”, klik tiga garis di pojok kiri atas lalu klik lagi pada “Pengelolaan Iklan.”

· Baca dulu kebijakan persetujan iklan bebas diskriminasi. Jika setuju, langsung saja klik “Buat” pada tombol hijau untuk membuat iklan bisnis Anda.

· Pilih tujuan kampanye, target audiens, tetapkan anggaran dan jadwal, dan pilih jenis iklan spesifik yang Anda inginkan.

Demikian panduan menggunakan Facebook Business Manager Bagi Pemula. Tahapan-tahapan di atas merupakan dasar yang penting dalam mengelola akun bisnis Anda di Facebook. Jika Anda masih merasa kesulitan, Anda bisa menggunakan jasa Alametric untuk membantu Anda dalam mengelola akun bisnis Anda.

Alametric tidak hanya terbatas pada pengelolaan bisnis di Facebook, melainkan juga segala media sosial kekinian yang Anda gunakan untuk berbisnis, seperti Instagram, Twitter, LinkedIn, dll. Jangan khawatir akan harga, karena Alametric selalu mengerti kondisi kantong Anda sebagai pelaku bisnis. Yang pasti, Anda akan merasa puas dengan perkembangan bisnis Anda berkat bantuan Alametric.


Leave a Reply