Mitos atau Fakta? Social Media Berdampak Positif pada Penjualan

  • 22 Jun 2020
  • Kartika Nurdianti
  • 498

Mitos atau Fakta? Social Media Berdampak Positif Pada Penjualan

Social media merupakan salah satu wadah untuk memasarkan bisnis. Selain karena kemudahan penggunaannya untuk menjaring pertemanan, social media juga dimanfaatkan sebagai target pemasaran.

Sesuai data yang dikeluarkan oleh agensi pemasaran social media We Are Social dalam laporan "Digital 2020", pengguna internet di Indonesia yakni 175,4 juta dengan penetrasi 64 persen. Artinya, dari 272,1 juta populasi, sebesar 64 persen telah terkoneksi internet.

Meningkat dari tahun lalu sebanyak 17 persen, atau sekitar 25 juta. Sehingga tidak heran jika banyak pebisnis yang memilih untuk menggunakan social media sebagai tempat mengenalkan hingga memasarkan komoditi bisnisnya.

Penggunaan social media dan digital marketing berpotensi meningkatkan penjualan produk dari sebuah perusahaan. Banyak sekali yang berpendapat bahwa dengan social media, penjualan akan mendapatkan dampak yang positif. Namun, seperti apa sih fakta sebenarnya?

Seorang peneliti dari Harvard Business School yang bernama Raghuram Iyengar bersama dengan dua rekannya telah melakukan penelitian terkait dampak social media pada penjualan sebuah bisnis. Hasil yang mereka dapatkan cukup menarik. Ternyata, fakta di lapangan justru berbeda dengan yang biasa kita dengar.

Pada penelitian yang berjudul “Do Friends Influence Purchases in a Social Network?”, ditemukan kenyataan social media justru berdampak negatif pada 12 persen perusahaan. Lebih lanjutnya, social media nyatanya tidak berdampak apa-apa terhadap 48 persen perusahaaan terutama yang bergerak di bidang fashion. Sementara, hasil seperti yang biasa kita dengar bahwa social media berdampak positif pada penjualan adalah sebanyak 40 persen.

Bagaimana, menarik, bukan? Tentunya kita tidak ingin sampai jadi bagian dari 48% perusahaan yang tidak mendapatkan dampak dari social media, apalagi menjadi 12% yang malah terdampak negatif. Maka, jika Anda ingin mengembangkan bisnis di era digital, penting melakukan riset dan perencanaan strategi yang matang baik dalam sistem pemasaran konvensional, terutama secara online. Dengan pengelolaan dan eksekusi yang tepat, efektivitas social media dapat memberikan dampak positif bagi bisnis Anda.

Baca juga artikel: Strategi Bisnis Baru Melalui Social Media Management dan 6 Strategi Social Media Management bagi UMKM


Leave a Reply