Mengenal Pentingnya Social Media Management dalam Berbisnis

  • 31 May 2020
  • Afdan Rojabi
  • 475

Mengenal Pentingnya Social Media Management dalam Berbisnis


Media sosial adalah salah satu cara mudah untuk berinteraksi pada dunia maya. Hal ini yang juga dilakukan pebisnis, dalam penggunaan media sosial sebagai channel marketing andalan.

Bicara media sosial, tidak bisa lepas dengan aktivitas di dalamnya, yakni Social Media Management. Penting dilakukan kegiatan di antaranya, mulai dari menciptakan, mengatur, menjadwalkan, sampai menganalisis konten yang diunggah melalui platform media sosial. Misal saja media sosial Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, atau Youtube.

Mungkin banyak yang memilih untuk me-manage akun media sosialnya secara pribadi dengan waktu luang yang dimiliki. Baik yang berfungsi sebagai blog pribadi maupun yang khusus untuk akun bisnis. Namun, ada juga yang lebih memilih menggunakan jasa pengelola Social Media Management (SMM). Ini tidak menutup kemungkinan digunakan pada akun pribadi seperti yang dimiliki selebgram, yang mana dimanfaatkan pula untuk berbisnis. Atau umumnya ya, pada akun berjualan (online shop) yang saat ini banyak ditemukan di ruang maya.

Optimalkan Media Sosial Akun Bisnis Anda

Mengapa media sosial harus dapat dikelola dengan baik? Fokus apa yang perlu dikelola? Bicara media sosial, maka penting bagi Anda memerhatikan pada konten yang diunggah, sekaligus nilai (value) dari sebuah konten tersebut. 

Perlunya dikelola dengan baik, agar akun bisnis tidak sekadar promosi (hardselling), tapi bagaimana caranya agar akun bisnis menjadi informatif dan menghibur audiens melalui suatu konten pemasaran digital.

Karena jika Anda hanya fokus pada promosi penjualan, konsumen jadi kurang tertarik, cenderung merasa bosan. Anda perlu membuat suatu alasan, apa yang membuat audiens akan tetap mengikuti unggahan terbaru. “Apakah akun ini membawa manfaat? Apa yang akan saya dapatkan? Mengapa saya perlu mengikutinya?” Temukanlah alasan-alasan tersebut di balik manajemen media sosial Anda.

Ketika kamu mengutamakan sosial media manajemen dalam berbisnis yaitu bukan hanya membuat konten menarik, tetapi bertanggung jawab juga atas interaksi yang terjadi pada platform yang digunakan.

Seperti mulai dari membalas dan menyukai pesan komentar, membalas pesan masuk di direct message, me-reposting terstimoni produk, melibatkan audience dengan cara membuat tayangan live serta melakukan Q & A. Dengan begitu interaksi akan terus terjadi dan engagement pada platform sosial media penjualan kamu akan terus meningkat.

Seharian kerja di kantor dan masih harus meluangkan waktu untuk manage akun bisnis sendiri? Jika bisa sediakan anggaran lebih untuk pakai jasa Social Media Management, kayaknya mendingan pakai jasa tersebut. Selain lebih hemat waktu dan tenaga, media sosial Anda bisa dikelola dengan rapi dan terkesan profesional.

Terkait jasa pengelolaan media manajemen sendiri, saat ini sudah banyak piilhan melalui internet, seperti yang tersedia pada Alametric. Soal biaya lebih yang dikeluarkan tidak menjadi masalah ketika akun sosial media bisnis Anda meraih engagement rate yang tinggi. 

Konten yang disajikan sudah pasti dipikirkan secara matang oleh tim profesional. Tentunya dengan Social Media Management yang baik akan menghasilkan followers otentik bagi akun penjualan Anda.

Here I can say We Managed, You Relaxed because you can really relax after a long day knowing your social media has been managed neatly by people who are responsible for it. Jadi jangan ragu untuk menggunakan jasa sosial media manajemen ya, ketika kamu membutuhkannya. Karena akan sangat tenang rasanya, jika akun media sosial penjualanmu akan dikelola dengan rapi dan bertanggung jawab.


Leave a Reply