Mengenal Jimmy Donal, Pendiri Wikipedia

  • 18 Jul 2020
  • Afdan Rojabi
  • 657

Mengenal Jimmy Donal, Pendiri Wikipedia

Jimmy Donal

 

Ternyata ini dia sosok pendiri Wikipedia. Kenalkan, ia bernama Jimmy Donal Wales atau biasa dipanggil dengan sapaan ‘Jimbo’.

Jimbo adalah pengusaha Amerika Serikat yang mengurus Wikipedia dan Wikia. Ia kelahiran 7 Agustus, 1966.

Dikutip dari Gadgets Now, Wikipedia didirikannya bersama dengan Larry Singer dan kawan-kawan lain yang lain di tahun 2001. Wikipedia diluncurkan pada 15 Januari 2001 dan bertumbuh cepat menjadi pelayanan penyajian informasi secara gratis.

“Bayangkan suatu dunia di mana setiap orang bisa mendapatkan seluruh ilmu pengetahuan yang ada, itulah yang kami kerjakan,” ujarnya dalam salah satu wawancara dengan Slashdot.

Baru pada 30 Mei 2003, dimulailah Wikipedia dalam bahasa Indonesia. Saat ini Wikipedia sudah disajikan lebih dari 285 bahasa termasuk bahasa daerah seperti bahasa Aceh, Jawa, Sunda, Bugis, dan lainnya. Kedatangan Wikipedia yang gratis dan bisa diakses mudah, telah membunuh ensiklopedi berbayar tenar semacam Britannica.

Karena diciptakan secara kolaborasi dan bisa diedit siapa saja, awalnya banyak yang meragukan keakuratan artikel Wikipedia. Tapi sebuah riset oleh jurnal ilmiah Nature di tahun 2005 menyatakan bahwa keakuratan Wikipedia hampir setara dengan Britannica.

Dengan page views begitu tinggi, Wikipedia sebenarnya berpotensi mengeruk uang iklan. Tapi sejak semula, Jimmy menolak ide pasang iklan. Dan sampai sekarang, Wikipedia bertahan dengan donasi seiklasnya dari para pengakses.

“Kami tidak pernah mempertimbangkan untuk memasang iklan. Dalam pertemuan para direksi kami, topik itu juga tidak pernah muncul,” kata Wales. Ia menyatakan, tujuan utama Wikipedia adalah untuk memberikan akses gratis pada semua pengetahuan manusia.


Leave a Reply