Mau Bisnismu Melegit? Pakai Email Marketing untuk Pemasaran Efektif

  • 02 Jun 2020
  • Kartika Nurdianti
  • 452

Mau Bisnismu Melegit? Pakai Email Marketing untuk Pemasaran Efektif

Salah satu kiat untuk mempertahankan ketertarikan pelanggan yaitu menggunakan Email maketing. Email marketing yakni alat yang bantu menjaga interaksi atau membangun kedekatan personal antara brand dengan pelanggan. Tidak hanya mempertahankan pelanggan lama, tapi dapat menjadi upaya untuk menarik pelanggan baru.

Email Marketing menjadi hal penting dalam strategi digital marketing. Salah satu jenisnya yang sering digunakan adalah Newsletter.

Newsletter yaitu surat elektronik (e-mail) yang dapat menjaga loyalitas pelanggan, melalui informasi bisnis maupun promosi yang akan datang. Pengirimannya juga bisa dilakukan berulang atau regular, misalnya setiap beberapa bulan sekali, seminggu sekali, atau berdasarkan momentum waktunya.

Bukan sekadar kegiatan promosi, tapi tujuan utama yang diharapkan adalah terciptanya pola komunikasi yang akan menghasilkan feedback atau respons, agar mendorong keterlibatan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Masihkah Efektif Email Marketing pada 2020?

Pada jenis Email Marketing Newsletter, biasanya memuat beberapa penawaran menarik, seperti informasi promo, diskon, atau mengenalkan produk terbaru. Tentunya, konten tersebut disesuaikan berdasarkan pola perilaku dan konsumsi pelanggan. Sehingga pesannya bisa diterima dengan tepat sesuai kebutuhan mereka.

Populernya media sosial sebagai platform online saat ini, tampak lebih mencuri perhatian para pengguna internet. Namun, Anda tidak perlu meragukan penggunaan Email Marketing ini. Penggunaan metode Email Marketing justru meningkat setiap tahunnya.

Bukankah sistem Android pada ponsel pintar sudah menginstal Gmail sebagai aplikasi bawaan? Dan untuk bisa mengoperasikan lebih optimal, biasanya pengguna diwajibkan membuat profil terlebih dulu menggunakan email tersebut.

Jika Anda masih ragu menggunakan Email Marketing sebagai pemasaran digital, simak jelasnya 4 alasan penting  berikut ini. Mau Bisnismu Melegit? Pakai Email Marketing untuk Pemasaran Efektif.

1. Menghemat Biaya

Pemilihan Email Marketing sebagai srategi promosi dalam bisnis akan menekan biaya pemasaran serendah mungkin. Riset yang dilakukan Direct Marketing Association (DMA), pembuatan Email Marketing tidak memerlukan investasi besar, tapi untuk Revenue atau Return of Investment (ROI) yang dihasilkan, bisa meningkat lebih banyak sebesar 3800 persen dari yang diinvestasikan.

Artinya, bisnis Anda bisa mendapat keuntungan 38 kali lebih besar dari investasi awal. Contohnya, jika Anda investasi 1 juta untuk email marketing, maka Anda bisa mendapat 38 juta.

Cukup siapkan konten yang tepat dan bervariasi, seperti rincian produk, keunggulan, atau jasa yang akan ditawarkan. Namun, tetap perhatikan juga ya, prinsip pembuatan konten digitalnya!

Karena target yang dituju adalah manusia, sehingga Anda perlu pertahankan karakteristik konten yang mengangkat ego audiens atau apa yang orang lain ingin baca.

Imbangi sedikit materi promosi dengan suguhan informasi bisnis ter-update atau hiburan menarik, bisa dari foto, video, atau desain tampilan email yang kekinian.

Dengan pembuatan konten promosi yang kreatif, pengguna pun lebih termotivasi memberikan feedback atau review pada produk Anda, yang tujuannya berpotensi pembelian ulang (re-purchase).

2. Pendekatan Personal kepada Pelanggan

Jika Anda berkomunikasi melalui media sosial, bisa saja pesan yang dipublikasikan terlewat oleh sebagian orang (audience). Setiap orang tentu saja memiliki waktu kesibukan masing-masing dan tidak setiap saat membuka ponselnya.

Hal tersebut juga bisa disebabkan karena alogaritma interest media sosial tidak menentu. Akhirnya konten yang diunggah dapat terlambat dilihat dan tidak dapat momentumnya.

Di sinilah perbedaan dengan pengiriman pesan melalui email atau Newsletter. Dalam membuat email marketing ini, biasanya terdapat sapaan yang ditujukan langsung kepada pelanggan dengan menyebutkan nama. Sehingga pelanggan akan berpikir kalau Anda membuatkan email khusus pada mereka.

Agar berlangsung dua arah, tidak hanya promosikan produk atau layanan terbaru, tapi Anda juga bisa melibatkan pelanggan dengan menginfokan kupon diskon, meminta masukan dan saran, atau membalas pesan jika pelanggan tertarik dan suka terhadap penawaran tersebut.

Maka, pola komunikasi yang terus terjalin demikian, akan membuat brand Anda semakin diingat oleh pelanggan dan membangun hubungan jangka panjang.

3. Mengonversi Audiens Menjadi Pelanggan

Melalui email marketing, tipe konsumen dapat tertargetkan menjadi sasaran penjualan secara tidak langsung. Anda dapat mengatur daftar penerima email berdasarkan demografik, psikografik, zona waktu, status, atau lain sebagainya.

Pada poin ini, menjadi penting dan mendukung apabila konten email dirancang dengan tepat. Perhatikan dengan baik detail pesan yang dibuat, sertakan link yang dapat diklik dan mengarahkan pelanggan dengan mudah ke landing page atau media sosial bisnis Anda.

Jika sistem email dan target marketing yang dibuat sudah spesifik berdasarkan tipe konsumen, maka hasil pemasarannya pun dapat terukur dengan jelas. Amati dan lakukan evaluasi strategi yang sudah dilakukan, dengan mengecek hasil analisis yang ditampilkan. Anda dapat menilai sendiri seberapa efektif konten yang Anda buat, untuk mengonversi audiens menjadi pelanggan; menghasilkan penjualan dan meningkatkan penghasilan bisnis.

4. Menghubungkan ke Berbagai Media Sosial

Kegiatan promosi melalui email ini sebenarnya membuat strategi marketing Anda lebih efisien. Karena konten promosinya secara otomatis akan terintegrasi ke media sosial pelanggan, dan yang terpenting bisa menjangkau melalui perangkat mobile.

Dengan satu pesan yang dikirimkan ke email pribadi, pelanggan Anda dapat mengakses langsung link yang diarahkan ke media sosial atau website brand. Ini turut membuka peluang, yang mana pelanggan dapat membagikan konten promosi tersebut kepada teman-temannya atau sekadar ke media sosial pribadi. Inilah yang membuat jangkauan Email Marketing menjadi lebih luas.

Mau Bisnismu Melegit? Pakai Email Marketing untuk Pemasaran Efektif. Email Marketing memang tidak bisa diabaikan ya, dalam strategi digital marketing. Karena elemen ini dapat berperan membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan. Tujuan akhirnya, tentu agar penjualan bisnis Anda semakin melegit!


Leave a Reply