Mari Manfaatkan Teknologi Informasi dalam Berbisnis

  • 08 Jun 2020
  • Krisna Arya
  • 555

Mari Manfaatkan Teknologi Informasi dalam Berbisnis

Tidak bisa disangkal, era yang kita tapaki saat ini ialah hasil dari sebuah perubahan yang terjadi secara bertahap. Dan yang memegang penuh kendali arah perubahan ini berasal dari inovasi teknologi yang semakin kompleks.

Teknologi modern memiliki ciri yaitu hadir dalam ukuran yang kecil, tetapi memiliki kinerja yang tinggi dengan tujuan untuk memudahkan pekerjaan yang terasa sulit, hingga mustahil untuk dilakukan. Salah satu contoh teknologi modern yang bisa Anda rasakan setiap hari ialah teknologi informasi.

Menurut pakar teknologi, Williams dan Sawyer dalam buku berjudul “Using Information Technology” (2003), teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data berupa teks, suara, maupun video. Jadi, dengan teknologi informasi, Anda bisa memeroleh, memberi dan menyebarluaskan informasi dengan sangat cepat.

Teknologi informasi sangat dibutuhkan agar segala sesuatu dapat berjalan beriringan dan menyesuaikan diri dengan zaman. Itulah mengapa teknologi informasi menjadi sesuatu yang krusial dalam berbagai bidang kehidupan, salah satunya ialah bisnis.

Dalam berbisnis, teknologi informasi menjadi salah satu ujung tombak dalam membangun dan mengembangkan sebuah perusahaan. Media sosial, yang lahir dari perkembangan teknologi informasi, telah menjadi ladang yang banyak diminati pebisnis era modern. Media sosial rupanya menyediakan manfaat-manfaat yang dapat mempermudah dalam pengelolaan bisnis.

Jika Anda ingin membangun sebuah perusahaan, menggunakan media sosial merupakan salah satu langkah awal yang tepat dalam mengumpulkan berbagai data, masalah serta peluang yang berada di dalam masyarakat. Sehingga perusahaan yang akan didirikan menjadi sebuah solusi bagi mereka.

Begitu pula dalam hal pengembangan perusahaan. Lewat media sosial, Anda bisa mengumpulkan data atau survey dari para pelanggan dengan lebih cepat dan mudah, seperti pengetahuan mereka mengenai perusahaan, kepuasan, maupun pendapat mereka mengenai suatu produk.

Lewat media sosial, Anda juga bisa memberikan informasi kepada para pengguna terkait produk, seperti memasarkan kelebihan sekaligus meningkatkan brand awarness dari produk bisnis lewat iklan maupun konten yang sebaiknya berkualitas. Dengan kualitas iklan dan konten yang baik, maka banyak orang yang akan tertarik dan membagikan informasi produk lewat akun media sosial mereka kepada orang lain, akhirnya menjadi viral. Ini pasti berdampak juga pada peningkatan jumlah traffic di website Anda.

Pengumpulan informasi juga berlaku kepada kompetitor bisnis yang juga memanfaatkan media sosial seperti Anda. Berkat media sosial, Anda bisa memonitor kompetitor bisnis dengan praktis; bagaimana cara mereka mengatur dan memasarkan produk mereka di media sosial, strategi bisnis apa yang mereka pakai. Dan yang penting ialah informasi yang membuat belajar dari kesuksesan maupun kegagalan yang telah dialami oleh para kompetitor.

Semua informasi yang Anda dapatkan ini sangat bermanfaat untuk menciptakan keputusan bisnis yang cerdas. Semakin banyak informasi yang dikumpulkan lewat teknologi informasi, semakin tinggi akurasi dari keputusan bisnis demi memajukan bisnis ke tingkat yang lebih tinggi.


Leave a Reply