Kupas Tuntas Strategi Digital Marketing agar Brand Semakin Dikenal

  • 31 May 2020
  • Ahmad Surya Hidayat
  • 710

Kupas Tuntas Strategi Digital Marketing agar Brand Semakin Dikenal

https://unsplash.com/photos/r02wxT3-PYw

Bagi Anda yang ingin atau sudah memiliki bisnis online, salah satu strategi yang perlu dipersiapkan adalah bagaimana menerapkan Digital Marketing. Pasalnya persaingan bisnis pada era digital ini tampak semakin kompetitif.

Digital Marketing menjadi salah satu upaya yang banyak diterapkan dalam kesuksesan berbisnis. Memasarkan bisnis secara offline maupun online, keduanya menjadi sama pentingnya.

Agar memenangkan persaingan bisnis, salah satu strategi yang perlu Anda lakukan yaitu bagaimana cara memasarkan konten digital dan menjaga keterlibatan (engage) audiens dengan bisnis Anda secara real-time.

Sehingga di sinilah pentingnya agar Anda memahami Strategi Digital Marketing agar Brand Semakin Dikenal. Sebelum ke pembahasan utama, Anda perlu tahu dulu penjelasan mengenai Digital Marketing.

Definisi Digital Marketing

Digital Marketing merupakan aktivitas pemasaran menggunakan teknologi internet seperti website, media sosial, e-mail, dan optimasi iklan. Kelebihan menggunakan Digital Marketing, Anda dapat menjangkau audiens lebih luas.

Tidak hanya menjangkau target customer tertentu, Anda juga dapat menyasar calon customer baru. Jika Anda melakukan aktivitas online marketing, customer Anda dapat like, follow dan comment. Artinya, audiens dapat melakukan interaksi dengan bisnis Anda.

Aktivitas pemasaran dapat diukur saat kampanye pemasaran masih berjalan. Digital Marketing dapat di-set up lebih cepat dan mudah, biaya yang murah serta berdampak lebih besar. Dengan begitu, biaya promosi yang dikeluarkan lebih efisien.

Selanjutnya, bagaimana Sumber Daya Manusia yang dibutuhkan untuk Digital Marketing, cukup satu orang? Tentu cukup, tapi Anda juga bisa membuat satu tim yang bertanggung jawab menangani e-mail marketing, social media marketing, bahkan copywriting.

Jika sudah paham, inilah saatnya untuk Kupas Tuntas Strategi Digital Marketing agar Brand Anda Semakin Dikenal.

Skill Utama dalam Digital Marketing

Keahlian yang dibutuhkan menjadi marketer hebat ialah communication skill (keahlian berkomunikasi) dan creative thinking (berpikir kreatif). Marketer harus mampu mengomunikasikan pesan kepada target audiens, menggunakan ide-ide yang inovatif dan penyampaian bahasa yang mudah dimengerti.

Guna menyasar target audiens yang tepat, Anda juga perlu melakukan riset pasar. Caranya tentukan target audiens berdasarkan demografi atau persona.

Demografi dapat membantu Anda melihat customer secara luas dan umum sesuai dengan kategori umur, jenis kelamin, tingkat pendapatan, dan tingkat pendidikan. Sedangkan persona membantu meninjau customer secara khusus dan mendalam. Hal ini bisa dilihat dari karakter, hobi, dan rutinitas atau pola perilaku.

Menentukan Media Online Marketing

Jika keahlian tersebut sudah dipersiapkan, langkah selanjutnya Anda perlu menetapkan saluran pemasaran digitalnya. Berikut beberapa channel Digital Marketing yang dapat mendukung Bisnis Anda.

1. Website dan Landing Page

Website maupun landing page merupakan alat yang digunakan untuk mempromosikan bisnis Anda. Perbedaannya, website untuk mempresentasikan bisnis dan memudahkan untuk mengakses dan mencari informasi seputar bisnis. Sedangkan landing page untuk tujuan yang lebih spesifik seperti mengumpulkan subscriber, penawaran terbatas, mendaftar sebuah event.

Tujuan lain dari landing page ialah untuk mendapatkan data customer yang tertarik dengan produk yang ditawarkan. Tips membuat website dan landing page yang baik dapat dilihat dari desain yang menarik, sederhana, responsif, konsisten dan efisien.

2. Media Sosial

Social Media Marketing merupakan channel dengan potensi besar untuk Anda gunakan dalam bisnis. Platform media sosial apa sajakah yang bisa digunakan?

Facebook

Media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak ialah Facebook. Berdasarkan data dari We Are Social tahun 2020, Facebook memiliki jumlah 130 juta pengguna di Indonesia. Utamakanlah kualitas dan keunikan tersendiri saat hendak mengunggah konten berupa video, foto, atau teks deskripsi (caption). Bahkan Anda dapat menggunakan Facebook Page untuk lebih meningkatkan komunikasi atau engagement (keterlibatan) dengan audiens Anda.

Instagram

Media sosial ini banyak digunakan untuk promosi produk dan keperluan bisnis. Patform ini lebih menunjukkan keunggulan dalam konten visual, berupa foto, gambar ilustrasi, video. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan caption menarik agar mendukung kualitas konten.

Youtube

Youtube dapat digunakan untuk hard selling maupun soft selling (seperti membuat web series). Anda dapat mengukur awreness, enggangement, dan drive traffic dengan konten kreatif yang dibuat.

3. E-mail Marketing

E-mail tidak hanya sebagai sarana komunikasi personal, melainkan bisa dimanfaatkan sebagai media promosi, lho. E-mail marketing saluran paling efektif untuk menjangkau audiens, memperoleh pelanggan, hemat biaya, dan dapat menyesuaikan konten sesuai segmentasi yang dituju.

E-mail dilengkapi fitur pengiriman pesan otomatis serta dapat mengukur hasil campaign dengan cepat dan mudah. Anda dapat membuat konten yang atraktif untuk menarik audiens menjadi subscriber. Ini berdampak menjalin hubungan jangka panjang Anda dengan pelanggan.

4. Google Ads

Google Ads merupakan media iklan di mana pengiklan membayar untuk memunculkan konten iklan tentang produk, jasa yang ditawarkan, dan konten video di Google network untuk menjangkau audiens yang sangat luas melalui internet.

Dengan Google Ads, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Tentunya Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu, salah satunya dengan cara memahami target audiens, merencanakan tujuan spesifik yang akan dipasarkan, dan jangan lupa untuk memasukkan landing page di produk yang diiklankan.

3 jenis Google Ads yang sering digunakan yaitu:

Search Engine Marketing (SEM)

Strategi marketing untuk meningkatkan visibilitas di pencarian teratas. Anda dapat memiliki keyword, konten dan cost per click (CPC) yang tepat untuk mengoptimalkan Search Engine Marketing.

Google Display Network (GDN)

Anda dapat menggunakan Google Display Network untuk menjangkau audiens yang belum mengetahui produk. Hal ini dapat meningkatkan kesadaran produk Anda (brand awareness). Anda dapat membuat iklan melalui teks, gambar, maupun video interaktif.

Gmail Sponsored Promotion (GSP)

Beriklan di platform gmail seperti e-mail marketing, terdapat beragam jenis konten iklan yang dapat digunakan. Sama halnya dengan Google Display Network, Gmail Sponsored Promotion digunakan untuk menjangkau audiens yang belum mengetahui produk namun dengan budget yang lebih mahal.

 

Itulah penjelasan Kupas Tuntas Strategi Digital Marketing agar Brand Anda Semakin Dikenal. Mulai terbayang ya, bagaimana strategi digital marketing ini bisa Anda terapkan dalam bisnis?

Kini sudah saatnya Anda mengeksekusi ide inovatif yang dimiliki dan membuat Brand Anda semakin dikenal. Konsistenlah dengan apa yang dilakukan, serta tidak lupa untuk analisis competitor terhadap konten yang dibuat. Pastikan untuk selalu terhubung dengan target audiens bisnis Anda, ya! Semoga berhasil.


Leave a Reply