Komitmen Alametric Dalam Meningkatkan Mutu SDM Di Indonesia

  • 02 Jun 2020
  • Afdan Rojabi
  • 508

Komitmen Alametric Dalam Meningkatkan Mutu SDM Di Indonesia

Photo by Alametric

Daya saing Indonesia masih terbilang rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Menurut World Economy Forum (WEF), Indonesia menempati peringkat ke-50 di tahun 2019, turun lima peringkat jika dibandingkan dengan tahun 2018, di mana Indonesia berada di peringkat ke-45. Penurunan kualitas ini bukan tanpa alasan. Rendahnya Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi masalah utama yang mempengaruhi hal ini.

Dilansir dari Kompas, Dirjen Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Syarif Burhanudin, mengungkapkan dampak langsung dari buruknya kinerja tenaga kerja karena kurangnya kemampuan atau keterampilan.

“Pertama, dari sisi SDM tadi, kecenderungannya dalam spesifikasi yang dibutuhkan dalam melaksanakan pekerjaan itu cenderung tidak bisa terpenuhi, kalau pun terpenuhi, terbatas (jumlahnya) sementara kebutuhannya banyak,” terang Syarif.

Penjelasan Syarif mengarah kepada kesimpulan, bahwa keterampilan SDM akan sangat mempengaruhi target hasil produksi produk di sebuah organisasi yang mana akan berdampak langsung pada keseimbangan ekonomi di Indonesia.

Dalam mengatasi masalah ini, perlu adanya pelatihan bagi tenaga kerja atau prakerja oleh para pelaku bisnis. Pemerintah sendiri telah menghimbau banyak perusahaan di Indoneisa untuk lebih banyak mengadakan pelatihan sebagai bentuk investasi SDM.

PT Alametric Teknologi Asia sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi berbasis Social Media Management, mengadakan sebuah kegiatan yaitu Prakerja by Alametric, sebuah pelatihan ketenagakerjaan gratis dan terbuka bagi siapa saja yang berminat meningkatkan kemampuannya.

Ada beberapa kelas yang diadakan dalam pelatihan ini, yaitu Kelas Desain Grafis, Kelas membuat User Interface Aplikasi Smartphone, Kelas Copywriting, Kelas Customer Service, dan Kelas Digital Marketing.

Tidak perlu khawatir akan kualitas materi yang nanti diberikan di Prakerja by Alametric. Materi dan kurikulum yang akan digunakan dalam pelatihan ini sudah bertaraf nasional. Jadi, sudah pasti apa yang dipelajari di Prakerja by Alametric akan sangat berguna dalam pengaplikasiannya di era industri 4.0.

Syarat dalam mengikuti pelatihan ini cukup mudah, yaitu warga negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas, dan mempunyai niat untuk mau belajar dan berusaha. Prakerja by Alametric akan dilaksanakan pada bulan Juni secara online, namun pendaftaran telah dibuka mulai bulan April 2020.

Para peminat bisa langsung mendaftar pada link yang sudah tertera pada bio di akun instagram @prakerja.alametric atau langsung mendaftar pada link prakerjabyalametric.punyakarya.com.


Leave a Reply