Ketahui Istilah Dropshipper: Bisnis Menjanjikan Bagi Pemula

  • 08 Jun 2020
  • Krisna Arya
  • 524

Ketahui Istilah Dropshipper: Bisnis Menjanjikan Bagi Pemula

Picture by Pixabay

Dalam menjalankan sebuah bisnis, diperlukan modal yang cukup untuk bisa bertahan dalam persaingan pasar. Modal diibaratkan sebagai fondasi dan bisnis ialah bangunannya. Semakin kokoh suatu fondasi, semakin kuat pula suatu bangunan berdiri.

Namun, pernakah Anda berpikir, dapatkah sebuah bisnis dijalankan dengan modal yang sedikit, bahkan tanpa modal sama sekali? Dahulu kala, hal ini dianggap mustahil. Tetapi sekarang, hal ini tentu saja dapat dilakukan.

Yang Anda perlukan hanyalah mengambil peran sebagai orang ketiga dalam sebuah transaksi atau menjadi seorang dropshipper. Lalu, sudahkah Anda paham arti dari dropshipper itu sendiri?

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas, dropshipper adalah seseorang yang berperan sebgai penjual, namun produk yang diperjualbelikan bukan merupakan milik sendiri melainkan milik supplier atau pemasok. Bisa dikatakan, Anda hanya membantu menjual dan mempromosikan barang dagangan si supplier. Profit dropshipper diperoleh dari komisi yang diberikan supplier atas setiap barang yang laku terjual di toko Anda.

Satu hal yang Anda perlukan sebelum memulai bisnis sebagai seorang dropshipper adalah platform digital. Fungsi dari platform digital ini sendiri ialah sebagai lahan untuk mempromosikan produk milik supplier dalam bentuk konten. Maka sebaiknya, konten-konten yang dipromosikan harus dibuat sebagus dan semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian khalayak luas di jagat maya.

Dalam transaksi yang melibatkan dropshipper, pembeli bisa memesan barang melalui platform digital dropshipper dengan harga yang sudah ditentukan oleh supplier. Selanjutnya, dropshipper segera menyampaikan pesanan si pembeli kepada si supplier untuk segera diproses.

Setelah diproses, barang akan dikirimkan langsung kepada si pembeli dorpshipper tanpa perlu melalui dropshipper. Namun, barang yang dikirim tetap akan mengatasnamakan perusahaan milik si dropshipper, bukan si supplier.

Keuntungan yang akan Diperoleh Dropshipper

Dropshipping bisa dibilang sebuah bisnis yang mudah untuk dijalankan, mengingat prasyaratnya hanya membutuhkan platform digital dan keahlian dalam menarik perhatian dengan konten yang disajikan dengan modal yang minim. Sebenarnya ada banyak keuntungan tersembunyi jika Anda menjalani bisnis sebagai dropshipper.

1. Tidak Terikat Tempat dan Waktu

Sebagai seorang dropshipper, Anda tidak memerlukan bangunan fisik yang luas sebagai kantor Anda. Kamar tidur Anda sudah cukup untuk memenuhi standar sebuah kantor. Anda juga bisa mengatur jadwal kerja Anda sesuai dengan gaya hidup yang Anda anut sebebas bebasnya.

2. Bebas dari Persoalan Stok Barang

Sebuah bisnis pasti mengalami masalah mengenai stok barang yang diproduksi, entah itu kekurangan atau kelebihan produk. Masalah seperti ini bukan menjadi milik Anda si dropshipper, melainkan si supplier, karena sudah menjadi tugas supplier untuk memproduksi produk.

3. Tidak Perlu Mengemas Produk

Karena sudah menjadi tugas supplier untuk memproduksi, pastinya hal-hal yang berurusan dengan desain dan pengemasan sebuah produk juga menjadi tugas supplier, bukan dropshipper.

4. Kerugian Tidak Ditanggung Dropshipper

Jika suatu saat supplier Anda tidak mencapai keuntugan yang sudah ditargetkan, Anda tidak perlu khawatir. Anda tidak akan bernasib sama seperti supplier Anda karena sedari awal, Anda tidak mengeluarkan modal sama sekali.

5. Bisa Berhubungan dengan Banyak Supplier

Tidak menutup kemungkinan Anda juga bisa bekerja sama dengan banyak supplier dalam satu waktu. Semakin banyak hubungan yang Anda bangun dengan berbagai supplier, semakin banyak pula produk yang bisa ditawarkan di toko Anda. Namun jika Anda baru memulai bisnis ini, sebaiknya Anda fokus hanya pada satu supplier saja, guna meminimalisir kesalahan.

Ternyata menjalani bisnis sebagai dropshipper sungguh mudah dan menguntungkan. Bagi Anda yang ingin bergelut dengan bisnis online, bekerja sebagai dropshipper bisa menjadi pilihan. Khususnya bagi Anda yang pusing dengan perkara modal usaha.

 


Leave a Reply