Intip Yuk! 3 Media Sosial Terfavorit Para Pegiat Bisnis Online di Indonesia

  • 31 May 2020
  • Krisna Arya
  • 609

Intip Yuk! 3 Media Sosial Terfavorit Para Pegiat Bisnis Online di Indonesia

Jika Anda termasuk pengguna aktif media sosial, tentu Anda sering menemukan iklan online shop yang bermunculan dalam akun pribadi. Ya, iklan tersebut adalah salah satu strategi dalam Digital Marketing, atau memasarkan produk bisnis secara online. Inilah yang dinamakan Social Commerce, di mana semua aktivitas bisnis berlangsung secara online melalui media sosial.

Sejak awal, media sosial lebih banyak digunakan untuk membangun pertemanan sesama pengguna. Namun, saat ini media sosial juga dapat dimanfaatkan untuk memperoleh profit bisnis. Dengan dukungan jaringan internet, bahkan Anda bisa lebih mudah membuat suatu bisnis dengan modal yang minim.

Di Indonesia Social Commerce ini sudah cukup dikenal di berbagai lapisan masyarakat. Ini berarti, sudah banyak orang di Indonesia yang memiliki setidaknya satu, atau bahkan lebih akun media sosial favoritnya. Hal inilah yang juga menjadi peluang bagi Anda untuk bisa melakukan bisnis online secara fleksibel, kapan pun dan di mana pun.

Semakin banyak pengguna dalam suatu platform media sosial, maka semakin berpotensi mendapatkan partner dan konsumer bisnis. Maka dari itu, berikut ini terdapat 3 Media Sosial Tervaforit Para Pegiat Bisnis Online di Indonesia.

1. Instagram

Khusus milenial, Instagram tampaknya menjadi platform media sosial yang paling digemari. Platform ini menawarkan kemudahan dalam mengedit, mempublikasi dan saling berbagi foto, video, maupun teks atau caption menarik.

Dilansir dari HubSpot, setidaknya sudah ada lebih dari 500 juta pengguna aktif pengguna Instagam di seluruh dunia, yang mana kaum milenial menempati daftar pengunjung terbanyak setiap harinya, sebanyak 55 persen.

Kepopuleran ini karena Instagram benar-benar memberikan ruang dan kemudahan bagi siapa pun, untuk berkreasi membuat konten dan berinovasi dalam promosi suatu produk bisnis. Tentu menjadi sangat terbantu bagi Anda yang ingin bergelut dalam bidang Social Commerce.

Untuk memulai Social Commerce di Instagram, ubah terlebih dahulu akun ke mode business account. Langkah inilah yang kemudian akan memberikan akses ke berbagai untuk mengoptimalkan manajemen akun bisnis Anda, seperti Instagram Analytics, pengiklanan produk, penambahan link pada Instagram Stories, dan jadwal pengunggahan konten dengan Auto Publish.

Jadi, bagi Anda para pebisnis yang mempunyai target konsumer lebih banyak tertuju pada kaum milenial, Instagram bisa jadi opsi utama dalam memasarkan produk Anda segera.

2. Twitter

 

Sama hal seperti media sosial lainnya, Twitter semula digunakan para penggunanya untuk saling mengungkapkan ide yang dipikirkannya melalui teks. Namun, Twitter kini berevolusi menjadi media yang ampuh untuk menjalankan bisnis online.

Ampuh, karena penggunanya sendiri yang sudah beranjak naik ke peringkat 17 persen, dengan total kurang lebih sekitar 145 juta pengguna di seluruh dunia, dengan klaim Indonesia sebagai sumbangsih terbesar pada tahun 2019. Sesuai klaim Dwi Adriansah, Country Industry Head Twitter Indonesia yang dimuat pada Kompas.com, hal tersebut diperkirakan akan terus menanjak pada tahun 2020 ini.

Dengan pengguna Twitter yang terus menanjak, sudah pasti membuka kesempatan bagi para pebisnis seperti Anda untuk memperluas jangakaun bisnis di dunia maya lewat Twitter.

Menganalisis kebutuhan pasar serta memaksimalkan pemasaran di Twitter dapat lebih mudah dilakukan dengan memanfaatkan info trending yang sedang berlangsung di tengah masyrakat. Namun, ini bisa menjadi kelemahan karena trending bisa berubah sewaktu-waktu.

Maka dari itu, dibutuhkan kecepatan dalam menanggapi sebuah trending dengan konten yang relatable dan analisis tinggi untuk membaca dan bahkan bisa menciptakan trending dengan seruan hastag unik yang akan melejitkan produk Anda.

3. Facebook

Platform media sosial yang satu ini bisa dibilang sebagai nenek moyangnya media sosial, karena lebih dulu dikenal sebelum era Twitter dan Instagram. Eksistensiannya hingga sekarang menunjukkan betapa kuat kejayaan Facebook di tengah persaingan antar platform media sosial.

Bahkan setelah diterpa isu keamanan, Facebook masih memiliki jumlah pengguna yang terbilang banyak, khususnya di Indonesia yang sudah mencapai 190 juta pengguna dari 2,5 miliar pengguna di seluruh dunia. Ini menempati urutan keempat sebagai pengguna Facebook terbanyak, seperti yang dimuat di Statisia.

Dilihat dari banyaknya pengguna di Indonesia, bisa dipastikan pengguna Facebook berasal hampir dari setiap kalangan. Mulai anak-anak hingga orang dewasa yang aktif setiap harinya, entah itu digunakan untuk mengunggah konten, membuat dan menanggapi status, maupun untuk kepentingan bisnis.

Dengan banyaknya peluang bisnis, Facebook mulai berinisiatif untuk membantu pengguna setianya dalam menjalankan bisnis di platform ini. Fitur yang disediakan oleh Facebook berupa bantuan pengiklanan atau Facebook Ads, menyediakan agensi yang pas, iklim bisnis yang ingin ditekuni, optimasi layanan toko online, dan sebagainya.

Sekarang Anda sudah mengetahui 3 Media Sosial Tervaforit Para Pegiat Bisnis Online di Indonesia. Ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin memulai bisnis pada era digital ini. Mulailah merancang strategi bisnis Anda dengan memanfaatkan setiap keunikan yang dimiliki setiap platform media sosial.

 


Leave a Reply