Inilah Alasan Pentingnya Copywriting dalam Pemasaran Digital

  • 14 Jun 2020
  • Krisna Arya
  • 616

Inilah Alasan Pentingnya Copywriting dalam Pemasaran Digital

Picture by Pixabay

Bagi Anda para pelaku bisnis, hal pemasaran akan menjadi sebuah kendala jika tidak memerhatikan hal ini: Copywriting! Ini tidak bisa Anda abaikan. Pemasaran produk kini dilakukan melalui platform digital yang sudah menjadi syarat utama jika ingin bisnis Anda sukses di era teknologi 4.0.

Umumnya, Anda bisa menemukan penerapan sebuah "copy" dari iklan, brosur, situs web, dan kini ada di berbagai platform media sosial. Banyak pelaku bisnis yang berlomba-lomba menghabiskan waktu memelajari teknik copywriting atau mengambil jalan pintas menyewa jasa copywriter.

Copywriting adalah teknik penulisan yang digunakan untuk membujuk orang untuk berpikir dengan cara tertentu tentang suatu brand/ produk dengan tujuan menjual. Dengan fungsi seperti ini, copywriting bisa diibaratkan trik untuk menghipnotis" audiens agar tertarik dengan produk bisnis yang Anda pasarkan.

Jadi, mengapa copywriting menjadi hal penting dalam dunia pemasaran digital? Apa sebenarnya yang ditawarkan sebuah copywriting yang bagus? Apakah hanya berfungsi untuk menjual?

Copywriting Membuat Pemasaran Digital Menonjol

Pemasaran digital bisa menjadi sangat ampuh bila teknik copywriting yang baik diterapkan. Copywriting yang menarik, bisa menimbulkan medan magnet yang kuat sehingga mendatangkan banyak calon pelanggan terhadap produk yang Anda tawarkan. Dengan tulisan yang bisa memainkan emosi, calon pelanggan pasti akan merasa bersemangat mengetahui rincian produk Anda.

Setelah berhasil menarik perhatian dan rasa ingin tahu, maka presentase calon pelanggan menjadi pelanggan juga sangat besar. Emosi yang sudah ditarik keluar akan memudahkan calon pelanggan membeli produk Anda, sebagai solusi atas masalah yang mereka miliki.

Copywriting Meningkatkan SEO Situs Web

Dalam mencari rincian suatu produk di internet, calon pelanggan biasanya menggunakan Google untuk menemukannya. Ironisnya, kebanyakan calon pelanggan hanya memilih artikel atau web yang muncul di halaman pertama Google.

Untuk menjadi no. 1, cara tepat yang bisa dipakai ialah menerapkan copywriting pada tulisan atau iklan di web Anda. Copywriting yang baik memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization) sebagai eskalator untuk mencapai halaman pertama Google.

Tidak hanya menekankan pada emosi, copywriting juga memperhatikan keyword atau kata kunciCopywriting yang baik melihat dan memakai beberapa keyword yang memiliki frekuensi pemakaian tinggi dalam sebuah tulisan di kalanagan para pencari. Hal inilah yang menjadi penentu masuknya konten Anda ke jajaran atas halaman Google.

Selain itu, Google akan menimbang faktor sosial sebagai faktor peringkat. Maksudnya, jika Anda menghasilkan banyak konten berkualitas dan membagikannya di media sosial, maka situs web Anda berpeluang mendapat peringkat lebih tinggi.

Belum lagi, memiliki konten segar yang konsisten di situs web Anda akan menghasilkan lalu lintas pencarian yang lebih tinggi. Dengan demikian, semakin banyak konten berkualitas yang dinaikkan secara berkala, Anda juga mendapatkan otoritas yang lebih kuat di antara situs sejenis lainnya di Google.

Copywriting Meningkatkan User Experience (UX)

Sebuah website akan dinilai berkualitas jika bisa memahami isi hati calon pelanggan, seperti: kebutuhan mereka, apa yang mereka hargai, kemampuan dan juga keterbatasan mereka. Sehingga menimbulkan kesan positif bagi mereka dari mengakses web Anda. Pengalaman calon pelanggan atau pengguna ini bisa disebut dengan user experience.

Tentu saja, copywriting sangat berpengaruh terhadap UXCopywriting yang baik membuat interaksi dengan calon pelanggan terasa hidup, memberi kenyamanan serta loyalitas pada calon pelanggan sehingga berdampak pada persepsi baik terhadap produk Anda.

Interaksi tersebut dapat berupa panduan tentang apa saja yang dapat dilakukan, membaca apa yang ingin dilakukan dan membantu menemukan apa yang dibutuhkan bagi calon pelanggan dalam mengakses web Anda.

Copywriting yang baik pastinya menjalin hubungan baik dengan orang-orang untuk membuat merek Anda lebih berkesan. Setelah mereka terkesan, bisa saja mereka akan membeli produk Anda. Jika tidak, mereka akan membagi info terkait produk Anda dengan orang lain sehingga membesarkan merek atau produk Anda.

Itulah mengapa copywriting menjadi sangat berharga dalam hal pemasaran digital. Copywriting yang baik bisa membuat bisnis Anda mencapai puncak dan menciptakan banyak pelanggan yang akan selalu datang layaknya teman baik.


Leave a Reply