Ini Alasan, Kenapa Harus Mempelajari Sistem Informasi!

  • 20 Jun 2020
  • Afdan Rojabi
  • 728

Ini Alasan, Kenapa Harus Mempelajari Sistem Informasi!

 

Photo by Ilya Pavlov

Silakan buka “http://www.technologyreview.com/featuredstory/406015/homoconexus/“ dari MIT Technology Review yang menuliskan tentang Homo Conexus. Perkembangan teknologi sangat pesat sekali sangat berbeda jauh dengan kondisi dua puluh tahun yang lalu. 

Tahun 2009, YOGYAKOMTEK mengusung thema “CONNECTIVITY”. Apa makna dari CONNECTIVITY? Tidak lain karena TECHNOLOGY CONVERGENCE. Itu yang telah terjadi sekarang. The MIT Technology Review (Rainer & Turban, 2009) menyebut manusia sekarang sebagai HOMO CONEXUS karena merupakan generasi yang terkoneksi dalam sejarah, di mana manusia sekarang dikelilingi oleh jaringan informasi personal/mobile. Batasan antara manusia dan manusia lain sudah tidak ada lagi (anytime and anywhere). Kemampuan teknologi untuk menghampiri ruang hidup dan tingkah laku manusia tanpa mengenal batasan waktu dan tempat. Oleh karena itu, Mobilitas menjadi ciri utama konvergensi antara manusia dan teknologi, it’s a lifestyle ! (Sumber: http://apkomindodiy.org/two-thumbs-up-for-yogyakomtek-2010)

Informed user yaitu orang yang memiliki pengetahuan tentang sistem informasi dan teknologi informasi. Ada beberapa keuntungan sebagai informed user antara lain dapat dengan segera menempati posisi yang direkomendasikan (mendapatkan peluang yang lebih besar dalam berkarir), keuntungan lainnya dapat dilihat dari buku teks. 

IT menawarkan peluang karir antara lain Chief Information Officer, IS Director, Information Center manager, Applications Development Manager, Project Manager, System Manager, Operations Manager, Programming Manager, Systems Analyst, Business Analyst, Systems Programmer, Applications Programmer, Emerging Technology Manager, Network Manager, Database Administrator, Auditing or Computer Security Manager, Webmaster, Web Designer. Banyak karir baru bermunculan dengan semakin berkembangnya teknologi informasi.

Terdapat perubahan peranan departemen sistem informasi pada organisasi modern sekarang ini dibandingkan dengan beberapa waktu lampau (fungsi tradisional departemen sistem informasi dengan fungsi baru (consultative) dari departemen sistem informasi.


Leave a Reply