Gunakan Content Marketing Untuk Membentuk Komunikasi Pelanggan

  • 21 Jul 2020
  • Afdan Rojabi
  • 407

Gunakan Content Marketing Untuk Membentuk Komunikasi Pelanggan

Photo by Kaleidico

 

Dalam strategi pemasaran produk atau jasamu, ada satu hal yang berperan penting di dalamnya, yakni konten. Mengapa demikian? Konsumen akan lebih mudah tergiur terhadap penawaran yang kamu berikan apabila semuanya terstruktur.

Dengan begitu, content marketing begitu berharga untuk bisnismu. Apa itu content marketing? Melansir dari Forbes (10/4/2019), Content marketing adalah teknik pemasaran untuk menciptakan dan mendistribusikan konten yang berharga, relevan, dan konsisten untuk menarik dan memperoleh audiens yang jelas. dengan tujuan mendorong aksi pelanggan yang menguntungkan.

Dengan demikian fungsi dan tujuan content marketing adalah untuk mengedukasi konsumen dan menjadi jembatan yang menghubungkan antara produsen dan konsumen untuk membentuk sebuah proses komunikasi yang menyenangkan melalui informasi-informasi dari konten yang dimiliki.

Artinya, content marketing bukan sebagai strategi memasarkan produk atau jasa secara langsung, melainkan usaha penciptaan konten yang bertujuan untuk mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian, atau konten yang dipasarkan akan mempengaruhi konsumen pada keputusan pembelian.

Menurut The Copyblogger, strategi content marketing adalah membuat pelanggan lebih memahami perusahaan itu sendiri.

 

Meskipun pada dasarnya content marketing dapat dipahami sebagai strategi yang digunakan untuk memasarkan produk, akan tetapi content marketing dapat dilihat sebagai sebuah konten media yang bertujuan untuk mempromosikan produk dan mengetahui sikap target (konsumen) terhadap produsen.

Macam-macam content marketing

Ada berbagai macam content marketing yang bisa kamu gunakan, di antaranya:

Infografis

Ini umumnya grafik yang panjang dan vertikal yang mencakup statistik, grafik, dan informasi lainnya. Pembuatan infografis bisa melalui kontraktor atau agensi untuk memasukkan strategi dan perencanaan, penelitian, copywriting, dan desain.

Halaman web

Apa perbedaan antara halaman web normal dan halaman web yang merupakan pemasaran konten? Halaman web yang merupakan content marketing mengasyikkan dan membuat konsumen betah berlama-lama di sana. Berbeda dengan web normal yang umumnya membosankan dan tak menarik.

Video

Produk juga bisa ditawarkan menggunakan video. Salah satunya dilakukan oleh Gary Vaynerchuk yang merupakan master pemasaran konten menggunakan video online. Dia mulai membuat video untuk mempromosikan toko anggur keluarganya dan melalui video itu dan pemasaran online lainnya dia akhirnya menumbuhkan pendapatan menjadi $45 juta.

Video adalah bentuk pemasaran konten yang sebagian besar belum dimanfaatkan karena orang berpikir itu mahal dan sulit. Tetapi dengan turunnya biaya peralatan kelas profesional membuat konten video dan audio berkualitas tinggi lebih mudah dari sebelumnya.

Buku

Seperti film, orang sering menganggap buku sebagai menjual diri mereka sendiri, tetapi pemasar yang cerdas tidak menjual buku hanya untuk menjual buku, mereka menjual buku sebagai alat pemasaran.

Bagaimana isi dari content marketing?

Isi konten bukanlah penawaran produk, melainkan informasi produk. Tentu informasi yang disertakan adalah informasi yang baik. Misalnya menjelaskan bagaimana perusahaan tersebut, review dari produk perusahaan tersebut, bagaimana layanannya, dsb.

Intinya, content marketing berisikan tentang bagaimana agar perusahaan itu dikenal orang dan bagaimana produknya bisa memberi manfaat dan sesusai dengan kebutuhan konsumen. Selain itu, pelayanan yang diberikan perusahaan juga harus konsumen ketahui, dengan harapan setelah mengetahui informasi-informasi tersebut, orang menjadi lebih paham dan akan membeli produknya.

Tentu saja, untuk membuat konten menarik, informatif, dikenal orang, bukan perkara mudah. Pembuat konten harus tahu SEO, desain grafis, kode pemograman, teknik menulis dan sebagainya. Makanya tidak heran, apabila saat ini banyak bermunculan jasa content marketing.


Leave a Reply