Cara Mudah Menggunakan Chatbot WhatsApp untuk Akun Bisnis

  • 01 Jun 2020
  • Ahmad Surya Hidayat
  • 635

Cara Mudah Menggunakan Chatbot WhatsApp untuk Akun Bisnis


 

Bicara soal bisnis di era modern ini, tidak afdol jika tidak mengoptimalkan media sosial untuk pemasarannya. Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk berkirim pesan adalah WhatsApp.

Dilansir mealui databoks, survey Hootsuite Januari 2019, WhatsApp menjadi salah satu media sosial paling aktif digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Dengan penetrasi mencapai 83%. Artinya sebanyak 83% pengguna internet atau sekitar 124 juta pengguna tercatat. WhatsApp menempati urutan kedua untuk media sosial paling aktif di Indonesia. Sedangkan posisi pertama ditempati Youtube dengan penetrasi sebesar 86%. Maka, tak heran jika ide dan inovasi terus dikembangkan guna menunjang kemudahan dalam platform ini.

Baru-baru ini, para pengguna WhatsApp dimanjakan dengan fitur Chatbot atau balas otomatis untuk keperluan bisnis. Hal ini memudahkan pebisnis untuk menjawab pesan dari pelanggan kapan pun, misalnya saat jam sibuk atau istirahat, bahkan pada jam tutup operasional.

Nah, bagi Sobat Ala yang penasaran dengan Cara Mudah Menggunakan Chatbot WhatsApp untuk Akun Bisnis. Yuk, intip dua cara mudah menggunakan Chatbot beserta langkah-langkahnya.

Menggunakan WhatsApp MOD

Dengan menggunakan fitur Auto Reply di GBWhatsApp, pesan yang masuk akan terbalas secara otomatis. Baik itu dari kontak, semua orang atau grup.

Dengan menggunakan GBWhatsApp Sobat Ala tidak perlu aplikasi pihak ketiga, akan tetapi Sobat Ala harus mengganti akun WhatsApp resmi dengan GBWhatsApp. Beginilah langkahnya:

1. Pastikan Sobat Ala sudah Mengunduh GBWhatsApp terlebih dahulu. Sebelum meng-install, masuk ke menu Setting di perangkat smartphone Setting- Additional Setting-Privacy, lalu aktifkan menu Unknown Source.

2. Lalu lakukan Verifikasi setelah ter-install dan Buka aplikasinya.

3. Pilih Pengaturan GB — Jawab Pesan Otomatis — Aktifkan — Tekan tombol plus (+).

4. Setelah itu, Sobat Ala bisa mengonfigurasikan fitur yang tersedia menyesuaikan dengan kebutuhan akun bisnis.

5. Klik Simpan di bagian bawah.

6. Kemudian, aktifkan fitur ini dengan menekan Tombol merah di sudut kanan atas.

7. Selesai!

Sekarang Chatbot WhatsApp sudah aktif. Pastikan Sobat Ala telah mengatur balasan otomatis dengan benar, supaya tidak terjadi error saat balasan otomatis sedang berjalan.

Menggunakan API WhatsApp Business

Chatbot dengan API WhatsApp Business merupakan Chatbot yang legal dan aman untuk menerima, membalas dan menggirim text, gambar atau dokumen kepada calon pembeli.

Chatbot ini dapat menggunakan perantara pihak ketiga. Keuntungannya adalah karena ada Packet Docker WhatsApp di AWS yang siap digunakan. Yuk, ikuti langkah berikut:

1. Sebelumnya, Sobat Ala wajib melakukan Verifikasi Bisnis di Pengelola Bisnis Facebook.

2. Siapkan akun WhatsApp Business di Pengelola Bisnis Facebook.

3. Setelah diverifikasi, bisnis Sobat Ala akan ditinjau kembali secara otomatis, mengenai kepatuhan pada ketentuan Layanan WhatsApp serta Kebijakan Perdagangan WhatsApp.

Cek status Verifikasi bisnis dan Pemeriksaan bisnis pada menu Pengaturan di Pengelola Bisnis. Jika persetujuan diberikan, akan muncul status akun Terverifikasi dan Disetujui.

4. Tambahkan nomor telepon dan nama tampilan ke akun WhatsApp Business. Tindakan tersebut akan mengirimkan nama tampilan untuk diperiksa (nama tampilan dapat diubah sebanyak dua kali dalam 30 hari pertama).

Sobat Ala juga bisa melihat Panduan Nomor Telepon yang valid dan Panduan Nama Tampilan jika ingin melakukan perubahan.

5. Setelah semua pemeriksaan selesai, silakan akses Sertifikat Barenkode base64 milik akun bisnis Sobat Ala. Kode ini diperlukan untuk mendaftar menjadi klien API WhatsApp Business.

6. Siapkan fasilitas Kredit untuk akun API WhatsApp Business. Informasi lengkap tentang proses penagihan bisa dibaca pada Penagihn API WhatsApp Business.

7. Setelah melakukan pembayaran, Sobat Ala bisa menggunakan Chatbot tersebut.

Sebagai catatan, sebaiknya Sobat Ala mendaftar menggunakan nama tampilan sesuai yang disetujui untuk memulai integrasi. Setelah terintegrasi, Sobat Ala nantinya dapat mengganti nama tampilan kapan saja.

Dengan menggunakan API WhatsApp Business, akun Sobat Ala memiliki keunggulan sepertidapat berkirim pesan dalam jumlah banyak dan memberikan layanan terintegrasi hanya dengan satu platform lewat Live Chat.

Singkatnya, jika Sobat Ala menggunakan Chatbot WhatsApp, tentu tidak hanya menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas, tetapi bisa juga memberikan pengalaman mengesankan kepada pelanggan sekaligus meningkatkan Brand Awarenes.

Itulah penjelasan mengenai Cara Mudah Menggunakan Chatbot WhatsApp untuk Akun Bisnis.

Selamat mencoba!


Leave a Reply