Begini Cara Desain Poster Mudah, Tanpa Install Aplikasi

  • 09 Jun 2020
  • Diah Afrilian
  • 941

Begini Cara Desain Poster Tanpa Install Aplikasi

Membuat desain poster haruslah eye-catching dan informatif. Poster sendiri memiliki banyak fungsi, salah satunya sebagai media pemasaran bagi suatu bisnis. Mulai dari mempublikasikan bisnis, memasarkan produk atau jasa, hingga mendapatkan tempat di pasaran bisa dibantu melalui poster.

Apakah saat ini Sobat Ala merasa kesulitan membuat desain poster? Nah, di zaman yang canggih ini, tentu Sobat Ala tidak perlu pusing bagaimana harus mendesain sendiri sebuah poster produk ataupun acara. Saat ini sudah banyak pilihan aplikasi atau tools yang memudahkan pembuatan suatu desain poster. Namun, saat ini Sobat Ala bisa lebih mudah lagi mendesain poster tanpa harus menginstall aplikasi tambahan lho, yaitu dengan PosteRazor.

PosteRazor merupakan poster maker berbasis website yang bisa dengan sangat mudah digunakan untuk membuat desain poster. Poster yang dibuat pun bisa disesuaikan dengan konsep yang Sobat Ala inginkan. Baik berupa menampilkan elemen artistik produk, kata-kata yang menginspirasi, gambar-gambar terkait produk dan bisnis, hingga konsep dinamis yang ingin Sobat Ala sampaikan melalui poster.

Melalui PosteRazor, Sobat Ala hanya membutuhkan 5 tahapan singkat dalam menciptakan poster sendiri nih! Berikut ini tahapan-tahapan membuat desain poster yang mudah dengan PosteRazor:

1. Menyiapkan Gambar yang akan Dijadikan Poster

Langkah 1 PosteRazor — Sumber: posterazor.sourceforge.io

Langkah awal dalam membuat desain poster adalah menentukan dan menyiapkan gambar yang akan Sobat Ala gunakan sebagai ‘bahan dasar’ dalam pembuatan poster. Gambar yang Sobat Ala gunakan bisa berupa produk, layanan jasa yang disediakan, hingga profil bisnis Sobat Ala sendiri. Gambar yang sudah disiapkan tadi bisa langsung diunggah pada website Posterazor dan akan dapat disesuaikan dengan mudah.

2. Menentukan Ukuran dan Format Cetak Poster yang Diinginkan

Langkah 2 PosteRazor — Sumber: posterazor.sourceforge.io

Setelah gambar yang akan digunakan telah diunggah tugas berikutnya adalah Sobat Ala harus menyesuaikan ukuran kertas dan format untuk kemudian mencetak poster yang telah dibuat. Sobat Ala perlu melakukan penyesuaian ukuran ini yang berguna agar hasil poster nanti tidak terpotong dan tercetak utuh.

Penyesuaian dibutuhkan pada ukuran kertas yang akan digunakan, posisi poster nantinya, serta jarak antara garis kertas dengan tepi poster. Penyesuaian dalam membuat desain poster ini akan memudahkan untuk mengatur perbandingan yang pas antara besar poster dengan besar kertas yang digunakan untuk mencetak poster.

3. Menyesuaikan Letak Gambar Poster dengan Ukuran Kertas

Langkah 3 PosteRazor — Sumber: posterazor.sourceforge.io

Setelah Sobat Ala menyesuaikan ukuran kertas yang sesuai dengan keinginan, selanjutnya adalah menyesuaikan posisi letak poster pada kertas tersebut. Menetapkan batas-batas cetak dalam membuat desain poster akan menghasilkan hasil cetakan poster yang sempurna dan utuh.

Mudah saja, Sobat Ala hanya tinggal mengganti ukuran jarak antara pinggir kertas dengan pinggir poster. Misalnya, jika Sobat Ala ingin ada jarak 1 cm antara batas cetak poster dan garis pinggir kertas, Sobat Ala hanya tinggal mengganti angka width (lebar) dan height (tinggi) dengan angka ‘1’ seperti pada gambar di atas. Maka, saat poster dicetak nantinya, poster akan berukuran pas sesuai dengan ukuran kertas dan tidak terpotong gambarnya karena terlalu berada pada pinggir kertas.

4. Menyesuaikan Hasil Akhir Poster dengan Format dan Ukuran yang Telah Disesuaikan

Langkah 4 PosteRazor — Sumber: posterazor.sourceforge.io

Setelah penyesuaian yang Sobat Ala lakukan pada batas cetak poster, selanjutnya adalah menyesuaikan posisi poster yang telah dibuat. Sobat Ala juga bisa menyesuaikan posisi poster ini baik berada pada bagian agak ke atas, pada tengah kertas, agak turun ke bawah, berada pada sisi kiri, maupun pada sisi kanan kertas.

Biasanya, penyesuaian ini bisa dilakukan untuk membuat ruang pada kertas lebih efisien. Misalnya jika kertas yang Sobat Ala gunakan cukup besar, dengan menyesuaikan letak desain poster ini Sobat Ala bisa menggunakan kertas tersebut cukup untuk mencetak 2 poster. Lebih mudah dan efisien bukan?

5. Hasil Akhir Poster Siap Digunakan

Langkah 5 PosteRazor — Sumber: posterazor.sourceforge.io

Setelah membuat poster dari tahap desain, penyesuaian hingga pengaturan letak poster dengan batas cetak, poster pun sudah selesai. Poster yang telah Sobat Ala sesuaikan tadi, bisa langsung diunduh untuk kemudian dicetak.

Sobat Ala akan mendapatkan hasil poster dengan format berupa pdf. Format pdf ini memastikan hasil yang Sobat Ala dapatkan akan memiliki kualitas gambar yang maksimum. Poster tidak akan terdistorsi saat dicetak, gambar yang dihasilkan akan tetap tajam dan mencegah adanya perubahan warna setelah proses pencetakan. Bagaimana, cukup mudah dan sederhana bukan?

Dengan bantuan tools editing serupa yang berbasis website, ini akan sangat memudahkan Sobat Ala untuk membuat desain poster dengan sederhana. Tahapan yang dilakukan juga lebih mudah jika dibandingkan dengan harus menggunakan aplikasi maupun software editing yang memiliki banyak tools yang cukup kompleks.

Tidak perlu khawatir lagi dengan skill editing maupun sumber daya yang terbatas, PosteRazor siap membantu. Bisnis Sobat Ala pun, siap dipublikasikan!


Leave a Reply