Baru! "Dukung Bisnis Kecil", Instagram Hadirkan 3 Macam Fitur Stiker Ini

  • 08 Jun 2020
  • Nurdita
  • 619

Baru! "Dukung Bisnis Kecil", Instagram Hadirkan 3 Macam Fitur Stiker Ini

Kegiatan branding yang merupakan salah satu cara untuk marketing merupakan alih wahana dari marketing non digital ke marketing digital. Perubahan bentuk marketing seperti dari majalah menjadi iklan visual berbentuk digital membuat beberapa aplikasi yang sudah ada dari dulu berkembang mengikuti kebutuhan penggunanya.

Menurut data yang dilansir dari Kominfo, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 63 juta orang. 95 persen di antaranya menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial. Berbagai media sosial ini dimanfaatkan oleh perusahaan atau pribadi sebagai media untuk melakukan branding.

Salah satu jejaring sosial yang digandrungi ialah Instagram. Sebagai aplikasi yang dipilih oleh 59,8 juta pengguna, Instagram membuat dan memaksimalkan fitur yang membantu bisnis untuk memasarkan produk-produknya. Sejak 2018, Instagram mulai fokus untuk membuat fitur profil profesional atau bisnis untuk branding yang dapat digunakan personal atau perusahaan.

Fitur-fitur yang ada di Instagram ini tentunya berbeda dengan akun personal. Misal, fitur kontak yang akan mempermudah pelanggan untuk menghubungi Anda. Dengan satu kali tap, pelanggan dapat langsung tertuju ke kontak Anda. Fitur insight di akun bisnis Instagram juga menjadi salah satu kelebihan yang bisa memberikan informasi terkait perkembangan bisnis Anda. Informasi terkait konten yang paling menarik, demografi pengguna mengenai waktu penggunaan, gender atau lokasi juga bisa diketahui. Hal ini tentu mempermudah memetakan profil pengikut dan konten bagi akun bisnis Anda.

Namun, ternyata tidak sampai situ. Inovasi ini tetap berkembang bahkan sampai ke akun non personal. Belakangan akibat krisis wabah, untuk "Dukung Bisnis Kecil" Instagram mengeluarkan fitur baru yang bisa dijumpai di Instagram Story yaitu beberapa stiker yang mendukung bisnis kecil.

Dilansir dari Tim Instagram Business, dengan menggunakan stiker ini pengguna dapat dengan mudah mempromosikan bisnis lewat Instagram Story. Pembaharuan fitur Instagram dalam bentuk stiker ini dapat membantu penggiat bisnis dalam menjangkau pelanggan baru dan menjalin komunikasi lebih aktif dengan pelanggan. Ada 3 stiker yang bisa Anda gunakan untuk membantu bisnis Anda, Support Small BusinessFood Orders dan Gift Cards. Apa saja sih kegunaannya? Yuk simak!

1. Support Small Business

Ini adalah salah satu stiker yang banyak digunakan. Fungsinya kurang lebih sama dengan stiker Instagram yang sebelumnya sudah ada yaitu @mention. Namun, jika bisnis Anda disebut dalam stiker dengan tulisan Support Small Business, beberapa foto dalam feeds Instagram Anda akan muncul dalam stiker sebagai thumbnail bagi para calon pelanggan untuk “kepo” dengan bisnis Anda. Anda dapat memposting ulang Stories atau memberikan respon kepada pengguna yang menandai Anda dalam Stories.

2. Food Orders

Stiker Food Orders adalah stiker yang dapat Anda gunakan untuk memberikan akses lebih cepat dalam memesan. Jika sebelumnya harus pergi menuju profil untuk melihat kontak, dengan stiker ini pelanggan akan lebih mudah karena aksesnya akan langsung tertuju ke link yang terlebih dahulu sudah diatur. Misal, ke partner aplikasi online Anda.

3. Gift Cards

Gift Card adalah salah satu stiker yang membantu bisnis dalam mempromosikan gift card atau kartu hadiah. Gift card ini dapat menjadi solusi yang dapat dicoba dalam metode transaksi bisnis karena Anda dapat membuat kartu bernilai tertentu. Kartu ini kemudian digunakan sebagai pengganti uang saat melakukan transaksi pembelian produk.

Kini Anda telah menyimak 3 Fitur Stiker Instagram yang dihadirkan untuk "Dukung Bisnis Kecil". Bagi yang memiliki bisnis, fitur baru dari Instagram tersebut bisa banget lho, diaplikasikan untuk mempromosikan produk jualan Anda.


Leave a Reply