Apa Sih Kegunaan Canva dalam Bisnis?

  • 17 Jul 2020
  • Krisna Arya
  • 102

Picture by Canva

Mungkin ada benarnya juga jika banyak orang mengatakan hal ini, “Cinta datang dari mata, lalu turun ke hati.” Hal ini sering terjadi pada setiap orang dan mungkin Anda juga pernah mengalaminya.

Tetapi, bagaimana itu bisa terjadi? Jawabanya dari pernyataan itu terletak pada “mata.” Mata merupakan salah satu indra yang menerima informasi dari luar berdasarkan penglihatan, lalu diolah di dalam otak Anda sehingga Anda bisa menilai sesuatu. Jika itu bagus, Anda menyukainya. Jika jelek, Anda tidak menyukainya.

Dalam dunia digital, aspek visual menjadi semakin penting. Kehadiran Anda dapat mudah dilihat oleh banyak orang berkat kehadiran media sosial. Isi Konten bukan hanya perihal tampilan fisik Anda saja, namun juga seberapa “artsy” isi konten Anda, entah itu gambar maupun tulisan yang diatur sedemikian rupa.

Melihat hal ini, Melanie Perkins mencoba membangun sebuah platform digital khusus untuk memudahkan orang dalam membuat tampilan konten mereka terlihat lebih bagus dan disukai di media sosial mereka. Platform digital itu ia beri nama Canva.

Pengertian Canva

Pada dasarnya, Canva adalah sebuah platorm digital yang dirancang khusus untuk membantu Anda dalam hal desain grafis, seperti mendesain konten grafis berupa gambar, kartu ucapan, logo, poster, brosur, infografik, hingga presentasi.

Sejak didirikan oleh Melanie Perkins, CEO dan pendiri, pada tahun 2012, Canva telah menjelma menjaid tool desain grafis online yang sangat sukses. Terbukti dari jumlah pengguna yang melejit dari tahun ke tahun, yang awalnya sudah sebanyak 750.000 terus menanjak menjadi 20 juta lebih pengguna dan telah meraup keuntungan kurang lebih 865 miliar rupiah.

Ini bisa terjadi karena fitur-fitur yang disediakan Canva sangat mudah dimengerti dan digunakan bahkan jika Anda baru pertama kali mencoba. Banyak juga template yang bisa Anda pakai sesuai dengan platform dan keperluan bila Anda tidak ingin bersusah payah membuat konten grafis dari awal.

Canva merupakan platform yang bisa bebas Anda gunakan beserta fitur-fiturnya yang dapat dipakai secara gratis. Namun Anda juga bisa berlangganan fitur berbayar, seperti Canva Pro dan Canva for Enterprise yang menawarkan fungsionalitas tambahan. Canva saat ini sudah tersedia dalam beberapa versi, seperti web, iPhone, dan Android.

Peran Canva dalam Bisnis

Di era digital saat ini, persaingan antar perusahaan semakin ketat, termasuk dalam urusan pemasaran. Digital Marketing menuntut banyak pelaku bisnis untuk menjadi pribadi yang kreatif dalam membuat konten yang akan membawa merek mereka untuk dikenalkan ke setiap orang.

Bukan hanya konten yang harus diperhatikan, tampilan website sebuah perusahaan juga sangat penting sebagai sarana dalam mempermudah calon maupun konsumen Anda dalam mengenal seluk beluk perusahaan Anda, hingga nantinya tertarik untuk melakukan transaksi dengan perusahaan Anda secara online.

Karena itulah banyak perusahaan mulai mempekerjakan banyak desainer grafis untuk mengurus segala hal mengenai aspek visual dalam konten pemasaran mereka. Namun, akan menjadi masalah jika perusahaan Anda masih terbilang baru dan belum bisa mempekerjakan desainer grafis, sehingga mau tidak mau, Anda harus melakukannya secara mandiri.

Tetapi bagaimana jika Anda tidak terlalu paham akan pengerjaan desain grafis? Di sinilah Canva berperan aktif sebagai salah satu tool desain grafis online yang siap membantu Anda dalam pengerjaan desain grafis untuk konten-konten Anda di segala platform digital marketing yang Anda gunakan.

Ada banyak jenis fitur yang dapat Anda buat dengan menggunakan Canva:

· Blog Post Banner

· Pembuatan Infografik

· Custom Text and Premium Fonts

· Image Cropper

· Add text to photos

· Speech bubble maker

· Image Transparency Tool

· Photo Enhancer

· 8,000 Templat

· Photo Blur

· Photo Vignette

· Design Grids

· Pembuatan Logo

· Photo Frames

Canva, dalam penggunaanya, melibatkan user interface yang ramah, sehingga tidak akan menyulitkan Anda dalam menumpahkan kreatifitas Anda ke dalam berbagai bentuk, warna, tata letak, dan tulisan yang tepat dalam konten Anda sebagai alat komunikasi visual dengan calon maupun konsumen Anda.

Dengan konten grafis yang berkualitas dan tepat sasar, kemungkinkan untuk mendapatkan perhatian pasar semakin besar, yang mana akan berpengaruh pada peningkatan penjualan serta kepopuleran nama bisnis Anda, sehingga menempatkan perusahaan Anda di tingkat teratas dalam pasar yang bagus.

Demikianlah beberapa poin penting dalam pemamaparan manfaat Canva bagi bisnis Anda. Setelah mengetahui arti dan manfaatnya, maka tidak baik jika Anda tidak mencoba dan merasakan sendiri berbagai fitur dan kemampuan Canva yang bisa membuat calon dan konsumen Anda “jatuh cinta” pada konten grafis Anda.


Leave a Reply