Apa Itu Bisnis? Inilah Pengertian Bisnis, Tujuan, Sumber Daya, Tantangan dan Solusinya

  • 04 Jun 2020
  • Krisna Arya
  • 643

Apa Itu Bisnis? Inilah Pengertian Bisnis, Tujuan, Sumber Daya, Tantangan dan Solusinya

Photo by Getty Images

 

Kegiatan bisnis merupakan hal yang tidak terpisahkan bagi manusia sejak dahulu kala. Persoalan dalam bisnis awalnya bertujuan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Dengan cara saling tukar menukar barang atau jasa, yang dikenal dengan istilah barter.

Namun, tujuan dari bisnis sendiri turut berevolusi mengikuti zaman yang terus berkembang. Pengertian bisnis di era maju, melibatkan tidak hanya produsen ataupun konsumen, melainkan juga manajemen dan para pemegang kepentingan bisnis lainnya.

Dari penjelasan di atas, bisa kita simpulkan bahwa pengertian bisnis ialah suatu usaha individu maupun perusahaan, yang mengembangkan dan mengubah sumber daya yang dimiliki menjadi sesuatu yang bisa dijual kepada konsumen. Tujuannya untuk memaksimalkan keuntungan dalam suatu transaksi.

Sebenarnya, keuntungan dari berbisnis tidak hanya berupa kepuasan material seperti yang kita pikirkan, tetapi ada juga kepuasan non-materi. Setelah mendapat keuntungan material yang cukup besar, kita bisa mengalokasikan sebagian pendapatan untuk kegiatan sosial yang berpengaruh pada kepuasan batin.

Bisnis juga secara tidak langsung membuka lapangan kerja baru bagi siapa saja yang terlibat. Sehingga bisa menjadi pilihan utama untuk mengurangi angka pengangguran dalam sebuah wilayah. Maka tidak heran banyak orang berlomba untuk bergabung dengan perusahan-perusahaan besar atau membuat bisnisnya sendiri pada era modern ini.

Jika sudah tertarik untuk bergelut dalam bidang ini, maka sebaiknya kita mengenal berbagai sumber daya yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis kita.

Seperti yang sudah kita ketahui garis besarnya, sumber daya alam dibagi atas dua, yaitu sumber daya alam, seperti tanah, tumbuhan, hewan, tambang, dll dan sumber daya manusia, seperti tenaga kerja terdidik (skilled labour), terlatih (trained labour), dan tidak terdidik dan tidak terlatih (unskilled and trained labour).

Namun, ada juga sumber daya lain yang tidak kalah penting, yaitu modal dan kewirausahaan. Modal dapat berupa modal berwujud, seperti bahan baku, mesin maupun peralatan, dan modal abstrak, misalnya nama baik perusahaan, merek dagang, hak paten, dan sebagainya.

Yang terakhir ada kewirausahaan, yaitu kemampuan dalam menjalankan sebuah bisnis. Contohnya kemampuan merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, dan mengendalikan perusahaan. Dengan kemampuan ini, maka kita bisa memanfaatkan sumber daya lainnya secara maksimal.

man in blue jacket using computer

Berbisnis tidak saja menyoal keuntungan yang didapat. Tentu ada pula berbagai tantangan yang harus kita hadapi dalam berbisnis. Tantangan terbesar yang harus dihadapi para pebisnis ialah perubahan yang bisa terjadi sewaktu-waktu dari berbagai segi. Baik itu dari segi permintaan konsumen, keadaan ekonomi, teknologi, maupun kebijakan pemerintah.

Belum lagi dengan risiko internal dan persaingan antar perusahaan yang amat ketat. Sehingga kadang kala menimbulkan persaingan yang tidak sehat.

Tantangan yang begitu banyak ini sekiranya tidak membuat kita takut untuk bersaing. Semua ini seharusnya membuat kita lebih kreatif dan adaptif. Mengingat keadaan zaman yang terus berubah tak menentu, pelaku bisnis perlunya mampu menentukan strategi yang dimiliki dalam setiap situasi, misalnya:

1. Menaikkan traffic dengan strategi pemasaran yang tepat sasaran.

2. Berusaha memberikan nilai lebih pada produk bisnis.

3. Membangun audiens dengan mengandalkan keragaman media sosial.

4. Mencari Influencer yang pas dengan target audiens.

5. Terlibat aktif dengan konsumen lewat dunia maya maupun nyata.

6. Menemukan solusi yang cocok untuk masalah lain yang lebih spesifik dalam menjalankan sebuah bisnis.

Jika sebuah perusahaan bisa menembus dan terbiasa dengan masalah yang ada, maka sudah bisa dipastikan kualitas perusahaan tersebut adalah yang terbaik.


Leave a Reply