AnTutu Virus Spyware, Google Instruksikan Larangan Install

  • 09 Jul 2020
  • Afdan Rojabi
  • 546

AnTutu Virus Spyware, Google Instruksikan Larangan Install

Logo AnTuTu
Logo AnTutu

 

Google tampaknya tidak mau penggunanya, khususnya Android untuk menginstall aplikasi benchmark ponsel AnTuTu di smartphone mereka. Google akan mengingatkan akan bahaya ketika menginstall aplikasi populer tersebut dari negri tirai bambu.

Google Play Protect, layanan Google yang membantu pengguna android mengidentifikasi virus jahat, kini memblokir instalasi aplikasi AnTuTu dari smartphone melalui pihak ketiga.

Ketika pengguna ingin menginstall AnTuTu, Google akan beri peringatan bahwa aplikasi ini mengumpulkan data untuk melacak penggunannya. Itu artinya, Google memasukkan AnTuTu sebagai spyware, seperti dikutip dari Android Police, Rabu (8/7/2020).

Awal tahun ini Google telah memblokir AnTuTu dari Play Store. penghapusan ini berkaitan dengan tudingan Google bahwa AnTuTu memiliki hubungan dengan Cheetah Mobile. Aplikasi milik Developer Cheetah Mobile memang beberapa kali dihapus Google karena melanggar aturan Google.

CEO AnTuTu Zhao Chen mengungkapkan Cheetah Mobile berinvestasi di AnTuTu pada 2014 lalu. Namun perusahaan tetap beroperasi secara independen dan tidak terkait dengan Cheetah Mobile.

Ia menyebutkan masalah ini terjadi karena adanya kesalahpahaman dalam penilaian Google karena AnTuTu menggunakan layanan legal Cheetah Mobile sehingga tautan aturan privasi perusahaan menggunakan alamat cmcm.com yang berkaitan dengan Cheetah Mobile

“Ini yang kami sedang benahi, termasuk mengganti layanan legal,” ujar Zhao, seperti dikutip dari GSM Arena.


Leave a Reply