5 Tips Meningkatkan Konsentrasi saat Membaca Buku Teknik Pemasaran

  • 01 Jul 2020
  • Afdan Rojabi
  • 455

5 Tips Meningkatkan Konsentrasi saat Membaca Buku Teknik Pemasaran

 

Photo by Thought Catalog

Salah satu tantangan terbesar dalam membaca adalah bagaimana caranya untuk mempertahankan tingkat konsentrasi apalagi bahasannya adalah pemasaran. Untuk mencapai hal yang maksimal dalam membaca dan mempelajari sesuatu, tingkat konsentrasi yang baik dan stabil merupakan hal yang sangat dibutuhkan.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Sobat Ala lakukan untuk meningkatkan konsentrasi pada saat membaca.

1. Ambil jeda waktu

Menghabiskan waktu yang lama untuk membaca buku yang bahkan kadang tidak kita pahami isinya memang sangat menyiksa. Apalagi kita harus berupaya memunculkan konsentrasi. Jangan terlalu memaksakan diri untuk membaca buku berlama-lama. Cukup 10–15 menit setiap hari.

2. Bermeditasi

Meditasi membantu kemampuan konsentrasi Anda. Cobalah Anda melakukan meditasi, karena dengan bermeditasi Anda membiasakan tubuh untuk berkonsentrasi dan fokus pada sesuatu. Sering bermeditasi tentu memberikan kesempatan untuk mengasah teknik konsentrasi Anda.

3. Carilah Suasana Baru

Daya konsentrasi bisa menurun dengan cukup parah apabila Anda melakukan berbagai aktifitas secara berulang-ulang dalam waktu yang sama. Oleh karena itu, perlu sekali mencari suasana baru sehingga pikiran jadi lebih fresh. Anda bisa berlibur keluar kota ataupun keluar negeri dengan melakukan aktivitas yang benar-benar berbeda. Sekembalinya Anda dari liburan, konsentrasi dan mood kerja Anda akan berada di titik tertinggi.

4. Jalankan Pola Hidup Sehat

Menjalankan pola hidup sehat sangat berpengaruh penting untuk meningkatkan konsentrasi Anda. Dalam hal asupan makan, Anda harus menyeimbangkan gizi. Misalnya, jika Anda makan terlalu banyak akan membuat pencernaan Anda akan bekerja terlalu keras, akibatnya Anda akan lebih mudah mengantuk. Orang yang mudah mengantuk akan sulit untuk berkonsentrasi. Selain soal makanan, Anda juga harus rutin berolahraga. Minimal seminggu tiga kali. Tidak perlu olahraga yang berat, cukup lakukan gerakan yang ringan namun tetap mengeluarkan keringat. Jika tubuh Anda sehat, tentu saja konsentrasi Anda semakin baik.

5. Istirahat yang Cukup

Kemampuan berkonsentrasi tergantung dari kebugaran fisik Anda. Jika waktu istirahat yang Anda miliki terbatas, bagaimana mungkin tubuh Anda juga memiliki istirahat yang cukup untuk melemaskan syaraf-syaraf yang sudah digunakan beraktifitas. Dengan istirahat yang cukup tentunya Anda mendapatkan manfaat tubuh menjadi lebih bugar dan konsentrasi Anda meningkat.

Nah, itu tadi 5 tips yang bisa Sobat Ala lakukan untuk meningkatkan konsentrasinya.


Leave a Reply