5 Cara Menggunakan Facebook dalam Berbisnis

  • 08 Jul 2020
  • Krisna Arya
  • 450

Picture by Pixabay

Facebook masih menjadi salah satu pilihan utama para netizen di media sosial untuk saling terhubung dan berbagi informasi secara online. Namun Facebook lebih dari sekedar tempat bertemu di dunia maya. Facebook juga telah berkembang menjadi tempat bagi bisnis untuk tumbuh; menjadi tempat pemasaran barang dan jasa.

Entah itu untuk Anda yang memiliki perusahaan besar ataupun bisnis kecil dan bersifat lokal, Facebook adalah alat pemasaran yang ampuh. Facebook adalah ruang terbuka untuk memperoleh informasi, mengembangkan identitas merek, dan memperluas jangkauan bisnis Anda.

Untuk itu, Dalam artikel ini, Anda akan melihat lima cara bagaimana Anda dapat menggunakan Facebook sebagai tempat pemasaran bagi bisnis Anda.

1. Memanfaatkan Halaman Bisnis Facebook Anda sebaik-baiknya

Facebook dalam dunia bisnis, merupakan alat pemasaran gratis yang dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya demi kemajuan bisnis Anda. Melalui halaman-halaman bisnis ini, Anda dapat mengidentifikasi bisnis Anda dengan lebih baik.

Tidak hanya melalui daftar penawaran dan layanan produk, Anda bisa memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kepribadian dan karakter bisnis Anda dengan berbagi tautan, gambar, dan media lainnya pada halaman bisnis Facebook Anda yang dapat disesuaikan sewaktu-waktu.

Halaman bisnis Facebook Anda adalah tempat yang bagus untuk mengembangkan identitas merek Anda sekaligus menunjukkan sisi manusiawi Anda dalam berbisnis. Artinya, Facebook mengizinkan Anda untuk menggunakan bahasa non-formal atau santai sebagai salah satu dari strategi pemasaran yang Anda pakai.

Namun, itu semua tergantung siapa target dari bisnis Anda. Anda boleh saja membagikan gambar, tautan, video, apa saja, asalkan tetap memiliki hubungan dengan bisnis Anda dan sebaiknya memiliki sesuatu yang dapat dinikmati oleh audiens yang menjadi target Anda.

2. Pakai Facebook Ads

Sebagai tempat pemasaran, Facebook menawarkan bentuk iklannya sendiri, yaitu dengan Facebook ads, yang mana terletak pada kolom samping kanan situs Facebook. Facebook ads yang dikategorikan sebagai Iklan Marketplace, biasanya terdiri dari headline, gambar, dan tautan ke halaman maupun aplikasi di Facebook, atau situs web luar.

Menerapkan Facebook ads ke dalam strategi pemasaran Facebook Anda adalah salah satu teknik yang memungkinkan untuk mendapatkan lebih banyak like atau meningkatkan traffic di web bisnis Anda.

Fitur Facebook ads meliputi:

· Penargetan demografis oleh data pengguna Facebook mengenai usia, lokasi, pendidikan, dan minat.

· Pengaturan anggaran iklan.

· Pengujian iklan, di mana beberapa versi iklan dapat dijalankan secara bersamaan untuk membandingkan desain dan pengaturan iklan.

· Alat pengukuran kinerja iklan.

Yang patut disayangkan, Facebook tidak merilis informasi tentang pengunjung yang meng-klik iklan (click-through rate), sehingga sulit untuk mengetahui seberapa sukses sebenarnya iklan Anda di Facebook.

Dibalik kekurangannya, Facebook ads sangat bermanfaat, terutama dalam meningkatkan followers bisnis Anda. Setelah si calon konsumen menyukai halaman bisnis Anda, kemungknan besar mereka akan menjadi follower dan Iklan Anda akan muncul di feed berita Facebook mereka.

Hal ini menghasilkan lebih banyak calon konsumen yang berinteraksi dengan Anda mengenai produk dan merek Anda, membentuk sebuah hubungan yang akhirnya dapat mendatangkan keuntungan di masa mendatang.

3. Kontes Facebook

Menjalankan kontes atau undian adalah taktik pemasaran Facebook lain yang dapat meningkatkan kesadaran penggemar dan merek lewat beragam hadiah yang dijanjikan.

Namun jika Anda ingin melakukan kontes di Facebook, ketahuilah bahwa kontes Anda tidak dapat di-host oleh Facebook itu sendiri (artinya Anda bertanggung jawab penuh atas kontes itu). Untuk membantu Anda membuat kontes, Anda bisa menggunakan aplikasi lain untuk membuat kontes Facebook.

Ada banyak aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk membuat kontes di Facebook, entah itu gratis maupun berbayar. Misalkan, Shortstack yang menawarkan sejumlah templat kontes gratis, asalkan laman Anda memiliki kurang dari 2.000 likes. Banyak aplikasi kontes Facebook lainnya yang bisa digunakan secara gratis, tetapi tentu saja banyak keunggulan aplikasi yang tidak bisa Anda nikmati kecuali Anda membayar.

4. Postingan yang Dipromosikan

Facebook sendiri memiliki layanan berbayar dalam beriklan. Layanan ini disebut promoted posts atau boost posts. Postingan yang dipromosikan mengharuskan Anda membayar tarif tetap agar postingan iklan Facebook Anda diposting secara berkala, mencapai sejumlah pengguna tertentu, dan memperluas jangkauan iklan Anda.

Fungsi dari postingan secara berkala ini ialah agar peluang iklan Anda dilihat oleh calon konsumen di kabar beranda Facebook semakin besar. Cara ini juga bisa menjadi solusi bila iklan Anda “tertumpuk”oleh postingan pengguna lain yang selalu muncul setiap waktu.

Namun, promoted post kini telah dihilangkan untuk beberapa format tertentu. Dilansir dari Pusat Bantuan Bisnis Facebook, Ada beberpa format yang dihilangkan, seperti mempromosikan komentar yang dibagikan, perubahan foto profil, politik, dll. Hal ini dilakukan Facebook untuk lebih beroknsentrasi pada promosi bisnis saja dan bukan hal-hal yang bersifat pribadi.

5. Iklan Bisnis lewat Facebook Stories

Pada tanggal 28 Maret 2017, Facebook resmi meluncurkan salah satu fiturnya, yaitu Facebook Stories. Fitur ini beroirientasi pada koleksi foto maupun video yang diunggah oleh pengguna Facebook.

Dianggap sebagai “Kabar Beranda kedua”, Facebook Stories juga diangap sebagai alternatif bagi para pelaku bisnis untuk berpromosi secara gratis, daripada mengeluarkan sejumlah uang untuk menggunakan boost posts.

Walaupun hanya bertahan selama 24 jam dan durasi konten yang memiliki maksimal 15 detik, kekurangan ini bisa menjadi kelebihan jika diolah dengan baik. Dilengakapi dengan filter-filter unik dan lucu layaknya Snapchat, Facebook Stories mempermudah Anda untuk mempercantik konten promosi sehingga bisa terlihat lebih menarik di mata calon konsumen dan pelanggan.

Dan untuk mengatasi masalah keterbatasan waktu, Anda bisa menggunakan teknik copywriting yang padat, singkat, dan jelas pada konten Anda untuk mendapatkan perhatian si calon konsumen.

Demikian lima cara bagaimana Anda dapat menggunakan Facebook sebagai tempat pemasaran bagi bisnis Anda. Dengan lima cara ini, bisa dipastikan bisnis Anda akan memperoleh target yang akan mengejutkan Anda bila Anda memanfaatkan Facebook sebagai tempat pemasaran produk Anda secara optimal.


Leave a Reply