5 Cara Efektif Promosikan Bisnis Kuliner secara Online

  • 23 Jun 2020
  • Kartika Nurdianti
  • 437

5 Cara Efektif Promosikan Bisnis Kuliner secara Online

Bagi Anda yang memiliki bisnis kuliner, sudah saatnya untuk mempromosikan produk bisnis pada platform online untuk meningkatkan penjualan. Konsep seperti ini dinamakan digital marketing yang pada dasarnya merupakan aktivitas promosi untuk sebuah brand ataupun produk menggunakan perangkat digital.

Dahulu digital marketing berlaku terbatas yaitu hanya melalui TV atau pun radio dan hanya interaksi satu arah saja. Namun, seiring perkembangan zaman, kini pemasaran secara digital bisa dilakukan melalui platform online semisal website, Google Bisnis, dan media sosial.

Keunggulan Digital Marketing

1. Strategi pemasaran menggunakan media digital khsusunya online dapat diukur secara real time.

2. Mengetahui berapa banyak akun yang melihat konten pemasaran.

3. Bisa mengevaluasi mana iklan yang baik dan tidak.

4. Dapat menyebarkan konten/brand produk Anda ke seluruh penjuru daerah.

5. Membantu para pebisnis dalam menghitung ROI (Return of Investment) dari budget marketing perusahaan.

Dari beberapa keunggulan digital marketing tersebut, kini sudah saatnya Anda optimalkan penggunaan platform online. Guna menyiasati persaingan bisnis dan meningkatkan penjualan Anda, berikut ada 5 Cara Efektif Promosikan Bisnis Kuliner Secara Online.

1. Media Sosial

 

Foto: bisniswisata.co.id

Kehadiran media sosial yang begitu dekat di tengah masyarakat, tentunya perlu dimaksimalkan. Selain karena kemudahan mengaksesnya dalam genggaman tangan, setiap hari pengguna baru media sosial pun bermunculan.

Maka dari itu, ketika menggunakan media sosial, Anda juga perlu menyiapkan konten-konten produk berkualitas berupa foto, video, dan caption yang mengundang konsumen untuk meliriknya. Media sosial yang bisa Anda manfaatkan untuk memasarkan bisnis kuliner di antaranya Instagram, Facebook, atau Youtube.

2. Daftarkan pada Bisnis Lokal Google

 

Ketika bisnis kuliner Anda didaftarkan ke Google, maka para calon konsumen sudah dimudahkan dalam pencarian produk Anda di internet. Jika sudah didaftarkan ke Google, Anda juga bisa mendapatkan ulasan dari konsumen dan dapat meningkatkan keyakinan calon konsumen lainnya untuk mengunjungi restoran Anda.

3. Public Figure

 

Foto: jalantikus.com

Menjalin kerjasama dengan public figure untuk mempromosikan produk makanan Anda juga bisa menjadi langkah yang tepat. Meski harus merogoh kocek agak banyak, jumlah followers dan ketenaran yang mereka miliki dapat menarik jumlah calon konsumen yang banyak dan lebih luas. Ditambah lagi, kini sudah mulai menjamur profesi “Selebgram” dan food vloger di dunia maya.

4. Mendaftarkan Bisnis Kuliner pada Situs Pencarian Restoran

 

Mendaftarkan pada situs pencarian restoran, akan memudahkan orang-orang saat mencari ide kuliner yang hendak disantap. Banyak keunggulan yang bisa didapatkan seperti. brand dapat lebih dikenal masyarakat luas dan situs-situs tersebut juga menyediakan kolom ulasan untuk produk restoran Anda. Beberapa situs pencarian kuliner yang bisa Anda gunakan di antaranya Zomato, Qraved, Toresto, dan Jajan Yuk.

5. Daftarkan ke Aplikasi Ojek Online

 

Selain beberapa kiat yang sudah disebutkan tadi, Anda juga bisa mencoba mendaftarkan menu resto Anda ke aplikasi ojek online. Mengingat layanan pengantaran makanan ini bisa menempuh rute lokasi yang jauh. Sehingga ini bisa menjadi pilihan bagi konsumen yang tengah sibuk bekerja. Dengan begitu, mereka tetap dapat menikmati makanan dan minuman yang dipesan dari restoran Anda.

Itulah 5 Cara Efektif Promosikan Bisnis Kuliner Secara Online. Hal penting terakhir ketika Anda sudah membuat konten di media sosial dan website, serta pengoptimalan pemasaran digital, tentunya Anda perlu tetap konsisten menjaga kualitas dan rasa dari produk yang dijual.

 


Leave a Reply