5 Alasan Penting Transaksi Digital Memudahkan Pelaku Bisnis

  • 07 Jun 2020
  • Ahmad Surya Hidayat
  • 574

5 Alasan Penting Transaksi Digital Memudahkan Pelaku Bisnis

Ketika menjalankan bisnis, memilih metode pembayaran merupakan salah satu yang harus diperhatikan dalam bertransaksi. Jenis metode pembayaran pun beragam, di antaranya dengan transfer, tunai, debit dan sebagainya.

Transaksi pada Era Digital banyak yang tidak menggunakan uang tunai lagi. Beberapa orang lebih suka membayar jasa atau produk dengan transaksi digital atau transaksi elektronik (cashless society).

Berdasarkan data dari Bank Indonesia (BI) menyebutkan bahwa tahun 2020 hingga bulan April telah terjadi 62,6 juta rupiah jumlah transaksi elektronik dan 1.6 miliyar volume transaksi elektronik di Indonesia. Dengan tingginya transaksi elektronik ini sebagai bukti masyarakat melakukan pembayaran menggunakan digital.

Jika dilihat dari jenis-jenis transaksi digital, terdapat e-money, e-wallet, m-banking, layanan keuangan mobile (MFS-Mobile Financial Services), dan transfer uang bergerak (MMT-Mobile Money Transfer).

Kemajuan teknologi digital ini membuat dunia bisnis semakin baik pertumbuhannya. Pengguna bisnis dapat memilih beberapa diantara jenis transaksi tersebut untuk diimplementasikan. Lalu, Mengapa bisnis perlu menggunakan transaksi digital?

Inilah 5 Alasan Penting Transaksi Digital Memudahkan Pelaku Bisnis:

1. Menggunakan Transaksi Digital Lebih Aman

Anda tidak perlu khawatir melakukan transaksi digital. Penyedia layanan transaksi menerapkan sistem otentikasi berlapis seperti password, pin, kode OTP hingga sidik jadi ketika mengakses layanan transaksi digital. Pelanggan dapat dengan aman melakukan pembayaran bahkan hanya dengan scan QR Code atau token. Transaksi digital kini menjadi lebih praktis sekaligus aman.

2. Meningkatkan Efisiensi Transaksi dan Nilai Konsumen

Kebanyakan orang malas mengantri panjang untuk memesan makanan atau minuman di gerai. Pelanggan bisnis Anda tidak ingin menghabiskan waktu lama untuk menunggu antrian checkout. Sudah ada beberapa bisnis yang menerapkan aplikasi pesan dan bayar digital, yang mana konsumen tidak perlu membayar dengan uang tunai dan menunggu antrian panjang.

Transaksi digital dalam bisnis Anda akan berhasil membuat nilai bagi konsumen. Kemudahan dan efisiensi yang ditawarkan kepada konsumen memberikan pelayanan yang memuaskan bagi bisnis Anda.

Solusi yang diberikan bisnis untuk pelanggan dapat juga menjadi pengalaman terbaik dalam berbelanja di gerai bisnis Anda. Nilai tersebut termasuk checkout lebih cepat, diskon atau promosi serta penawaran berbasis lokasi.

3. Membuat Bisnis menjadi Lebih Modern

Menghadirkan transaksi digital bagi bisnis Anda menunjukkan bahwa bisnis siap menerima teknologi modern. Dan ini menjadi nilai plus untuk para pelanggan pengguna casheless society. Pelanggan juga bisa membayar lebih dari dua kali lipat dan cenderung lebih sering belanja.

4. Membuat Accounting Lebih Mudah Mengelola Keuangan Bisnis

Ketika bisnis Anda masih menggunakan uang tunai, Anda harus benar-benar menghitung setiap rupiahnya secara manual. Transaksi menggunakan uang tunai masih rawan dengan adanya praktik ekonomi terselubung yang umumnya tidak tercatat dengan baik dan akurat.

Namun dengan menggunakan transaksi digital, setiap transaksi secara otomatis tercatat dan dapat dilacak. Anda akan membutuhkan sedikit waktu untuk menghitung dan mencatat transaksi. Anda pun tidak perlu ke bank untuk melakukan setoran harian atau mendapatkan uang receh untuk transaksi.

5. Mengurangi Risiko Pencurian dalam Bisnis

Bisnis Anda masih menggunakan uang tunai dan menyimpan di mesin kasir? Hal ini akan meningkatkan risiko pencurian. Banyak berita dengan kasus perampokan di toko-toko membuat bisnis Anda harus lebih meningkatkan keamanan.

Lain halnya jika bisnis Anda sudah menerapkan sistem transaksi digital. Risiko bisnis Anda akan berkurang dan Anda dapat berbisnis tanpa perlu khawatir terhadap pencurian dan perampokan.

Nah, setelah mengetahui berbagai alasan mengenai pentingnya transaksi digital untuk pengguna bisnis. Selanjutnya, apakah Anda sudah menerapkan penggunaan transaksi digital dalam bisnis? Inilah saatnya Anda mendapatkan banyak manfaat dari keunggulan transaksi digital dalam berbisnis.

Tidak hanya melulu dengan uang tunai, pelanggan Anda membutuhkan berbagai macam pilihan alat pembayaran, lho!


Leave a Reply