4 Layanan Publik Disulap Menjadi Teknologi Digital, Generasi Milineal Wajib Tahu!!!

  • 02 Jun 2020
  • Afdan Rojabi
  • 421

4 Layanan Publik Disulap Menjadi Teknologi Digital, Generasi Milineal Wajib Tahu!!!

Foto : Alex Knight

 

Hallo Sobat Ala,

Apa sih yang terlintas dibenak kalian ketika mendengar kata ‘teknologi’? Apakah mengecek smartphone sudah menjadi kebiasaan kalian saat bangun di pagi hari? Kalau iya, kalian perlu hati-hati, sebab meskipun kalian hidup di era kemajuan teknologi, jangan-jangan kalian hanya gemar scroll media sosial saja nih.. Sebagian dari kalian, mungkin ada yang belum familiar dengan ‘teknologi digital’. Sayang sekali lho, padahal saat ini banyak teknologi digital yang sedang ‘naik daun’. Segala urusan jadi serba virtual dan online. Memang, arus digitalisasi ini semakin menyatu dalam aktivitas kita sehari-hari. Sebenarnya, teknologi digital itu berasal dari sistem elektronik yang menjadi salah satu ciri dari revolusi industri 4.0.

Nah, supaya ngga ketinggalan banget, yuk update wawasan kalian. Generasi milenial wajib simak nih! Apa saja ya teknologi digital di sekitar kita?

1. E-Learning

Yaps betul! Poin pertama ini yang paling penting buat kalian tahu. Kalau selama ini kegiatan belajar kalian hanya di sekolah saja, kini kalian bisa mengandalkan teknologi digital yaitu electronic learning. Jadi, pembelajaran kalian ngga melulu terpaku di kelas. Dan jangan ragu, pembelajaran e-learning ini pun ngga kalah menarik sama pembelajaran di sekolah. Banyak animasi, video tutorial, dll yang bisa akan meningkatkan mood dan antusiasme kalian untuk belajar. Caranya, kalian tinggal akses lewat website atau platform edukasi lainnya. Ditambah, banyak lho website yang free. Mantap kan?

2. E-Bussiness

Ada apa nih dengan e-bussiness? Apa bedanya antara bisnis biasa dengan e-bussiness? Oke, jadi poin ke-2 yaitu e-bussiness ini menawarkan fasilitas transaksi secara virtual maupun langsung. Benefitnya adalah jangkauan yang semakin luas, proses yang efisien, dan tentunya bisnis akan mudah dikenal banyak orang. Wajar saja, jika e-bussiness kian banyak digemari oleh para pengguna teknologi.

3. E-Commerce

Hampir serupa dengan e-bussiness, e-commerce ini adalah layanan perdagangan jual-beli melalui jaringan elektronik dan menggunakan fasilitas komputer/gadget dan internet. Biasanya disebut juga dengan marketplace. Seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, Blibli, JD.ID, BukaLapak, OLX, dan masih banyak lagi. Nah, kalian bisa manfaatkan ini sebagai lahan untuk memulai bisnis kecil kalian juga. Kalian gak hanya jadi konsumen saja, tetapi juga punya peluang merasakan bagaimana jadi seorang penjual. Menarik banget yaa e-commerce ini. Jangan sia-siakan bakat enterpreneur kalian yaa!

4. E-Goverment

Bagi generasi milenial, sekarang juga banyak layanan publik yang bisa diakses secara daring. Jadi kalian ngga perlu jauh-jauh dan antre panjang lagi untuk mengurus sesuatu, karna sekarang hampir semuanya sudah berbasis elektronik. Untuk mencapai smart goverment, pemerintah juga menyesuaikan beberapa layanan publik seperti pembuatan KTP online, SKCK online, SIM online, bayar pajak, dan lain-lainnya, nah jangan lupa untuk taati prosedur yang ada yaa!

Oke, demikian ulasan tentang pelayanan publik berbasis elektronik yang sedang digencarkan. Upgrade terus informasi kalian yaa. Informasi ini bisa banget untuk kalian share ke orang terdekat kalian, sehingga manfaat teknologi digital semakin merata di masyarakat.


Leave a Reply