4 Keuntungan Platform Equity Crowdfunding bagi Pebisnis UMKM

  • 11 Jun 2020
  • Ahmad Surya Hidayat
  • 619

4 Keuntungan Platform Equity Crowdfunding bagi Pebisnis UMKM

Ilustrasi Gambar oleh: PeerPower.co.th

Permasalahan yang paling umum dan sering ditemui dalam dunia bisnis adalah dana. Dalam dunia bisnis, hampir semua hal membutuhkan dana. Tidak heran apabila ada pebisnis yang kesulitan mencari dana ketika ia ingin memulai atau mengembangkan usahanya.

Untuk menyiasati masalah tersebut, biasanya pebisnis mengajukan pendanaan atau kredit modal usaha ke bank. Namun banyak pula yang enggan untuk mengajukan kredit modal usaha ke bank karena tidak memiliki waktu untuk melaksanakan proses pengajuan di bank yang rumit. Terkadang ada pula yang tidak mendapatkan pendanaan sesuai dengan yang diajukan.

Baca Juga: 7 Strategi Hadapi Persaingan Bisnis di Era Digital

Pebisnis UMKM kini telah memiliki opsi lain dalam mengajukan pendanaan selain dari bank. Di Indonesia telah berdiri beberapa platform crowdfunding yang dapat membantu pebisnis UMKM dalam pendanaan. Mengajukan pendanaan melalui platform crowdfunding tidak memakan waktu yang lama seperti pada bank. Proses pengajuannya pun tidak serumit di bank. Namun dalam mengajukan pendanaan lewat platform equity crowdfunding, pebisnis perlu memastikan jaminan keamanannya.

Apa itu Platform Equity Crowdfunding?

Crowdfunding atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan urun dana adalah sebuah praktik penggalangan dana yang umumnya dilakukan di internet dimana terdapat sejumlah orang yang memodali sebuah proyek atau usaha. Sedangkan berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia Nomor 37, crowdfunding adalah:

“Penyelenggaraan layanan penawaran saham yang dilakukan oleh penerbit untuk menjual saham secara langsung kepada pemodal melalui jaringan sistem elektronik yang bersifat terbuka.”

OJK telah merilis beberapa nama platform equity crowdfunding yang telah mendapatkan izin dari OJK. Hingga tanggal 31 Desember 2019, hanya ada tiga nama perusahaan yang telah mendapatkan izin yaitu:

1. PT Santara Daya Inspiratama (Santara)

2. PT Investasi Digital Nusantara (Bizhare)

3. PT Crowddana Teknologi Indonusa (Crowddana)

Keuntungan Platform Equity Crowdfunding

Platform Equity Crowdfunding menyajikan berbagai keuntungan, tidak hanya sebatas proses pengajuan yang tidak rumit. Platform ini memberikan keuntungan bagi pebisnis terutama pebisnis UMKM, antara lain:

1. Proses Pengajuan yang Mudah serta Efisien

Pengajuan pendanaan pada platform equity crowdfunding dilakukan secara online. Anda hanya perlu melampirkan proposal usaha di platfrom equity crowdfunding, jadi tidak perlu membuang waktu untuk menemui calon investor karena calon investor akan melihat sendiri melalui platform.

Proses pendaftaran di platform equity crowdfunding sangat mudah sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama. Data anda juga terjamin keamanannya karena platfrom crowdfunding telah diawasi oleh OJK sehingga kemungkinan kebocoran data sangat rendah.

2. Mendapatkan Bantuan Strategi Pemasaran

Setiap manusia pasti tidak ingin gagal dalam menjalani hidupnya, begitu pula investor yang memberikan dana pada usaha anda. Ia tidak ingin uang yang diberikannya terbuang sia-sia. Umumnya para investor akan membantu anda untuk menentukan strategi pemasaran agar penjualan Anda dapat meningkat.

Baca Juga:
Pakai Email Marketing untuk Pemasaran Efektif

1. Tidak Memerlukan Uang Muka

Tidak seperti pada bank, platform equity crowdfunding tidak memerlukan jaminan. Anda mendapatkan keleluasaan dalam menentukan dana yang dibutuhkan asal Anda dapat mengembalikannya.

2. Tidak Pusing Masalah Bunga

Kebanyakan pebisnis UMKM ragu untuk memanfaatkan platform equity crowdfunding karena takut dengan suku bunga yang tinggi. Banyak pula yang mengatakan suku bunga akan meningkat tiap tahunnya. Padahal platform equity crowdfunding menawarkan suku bunga 6 persen sampai 17 persen per tahun yang sifatnya flat, dimana suku bunga yang dibayarkan setiap tahunnya akan selalu sama.

Jadi, apakah Anda masih ragu untuk memanfaatkan Platform Equity Crowdfunding? Berbagai keuntungan disajikan oleh Platform Equity Crowdfunding yang dapat mewujudkan keinginan untuk memulai bisnis atau mengembangkan bisnis Anda. Namun demikian, setiap hal pasti memiliki risiko. Anda juga perlu memerhatikan risiko setiap keputusan yang Anda ambil saat memanfaatkan platfrom equity crowdfunding.


Leave a Reply