3 ALASAN PENTING TRANFORMASI DIGITAL BAGI UMKM

  • 18 Jun 2020
  • Afdan Rojabi
  • 380

3 ALASAN PENTING TRANFORMASI DIGITAL BAGI UMKM

Di era yang serba praktis ini, pelaku UMKM dituntut untuk terus berkembang dan maju. Di lain sisi, persaingan pasar mengharuskan pelaku bisnis untuk terus bergerak maju dengan inovasi produk yang tepat bagi para konsumen.

Oleh karena itu, memanfaatkan teknologi internet menjadi solusitif dalam perkembangan pemasaran produk untuk menyebarkan produk yang dijual serta menjaring para konsumen baru.

Dilansir dari kementerian komukasi dan informasi (kemenkominfo), pada 2019 lalu resmi diluncurkan gerakan UMKM Go Online. Tujuannya adalah pemerataan akses pasar melalui platform digital, sehingga dapat meningkatatkan ekonomi kerakyatan. 

Hal ini membuat para pedagang memiliki 2 kios sekaligus, baik offline maupun online. Kenapa sih UMKM perlu bertransformasi ke digital? Yuk, simak 3 alasan penting transformasi digital bagi UMKM!

UMKM memiliki jaringan yang lebih luas lagi

Sumber: aptika.kominfo.go.id

 

UMKM yang telah tergabung dengan platform digital akan secara otomatis tervalidasi sebagai UMKM yang siap bersaing. Dengan ini, akan sangat mudah untuk mendapatkan rekan bisnis dan konsumen.

Secara otomatis, UMKM akan dengan mudah menjangkau konsumen di berbagai tempat, hanya dengan media sosial yang UMKM gunakan. Ini salah satu cara efektif yang dapat menambah omzet dengan cepat.

Mempercepat pertumbuhan UMKM

Sumber: pakaidonk.id

Setelah memperoleh jaringan yang lebih luas dengan tergabungnya UMKM anda di platform digital, bisnis anda akan secara berkala meningkat dari segala sisi. Mulai dari audience, viewer, customer hinggal loyal customer.

Peningkatan berkala UMKM ini dapat anda lihat di insight sosial media yang anda gunakan untuk menawarkan produk yang anda jual. Biasanya, pada pilihan statistika akan Nampak semua aktivitas bisnis yang telah anda lakukan selama sehari, seminggu hingga per bulan.

Biaya operasional bisnis menjadi minim

Alasan yang paling banyak diminati oleh pelaku UMKM salah satunya ini. Anda bisa menekan biaya operasional serendah mungkin. Karena tidak memerlukan sewa atau membeli kantor atau gudang untuk operasional.

Dengan ini, anda sangat bisa menghemat biaya. Biaya ini dapat dialihkan untuk pengembangan produk dan pemantaun bisnis anda sehingga menghasilkan produk yang lebih ideal.

Dengan tergabungnya UMKM ke dalam platform digital, berarti UMKM siap menghadapi tantangan yang ada.  Seperti, pengiriman barang di tempat yang nun jauh disana atau bahkan ditipu oleh konsumen.

Permasaran digital ini mendorong UMKM untuk menembus semua batas wilayah yang tidak dapat dibayangkan. Jadi tunggu apalagi, yuk join UMKM go-online!

 

  


Leave a Reply