10 Ilmu Marketing Media Sosial yang Perlu Diketahui

  • 20 Jul 2020
  • Afdan Rojabi
  • 391

10 Ilmu Marketing Media Sosial yang Perlu Diketahui

Photo by Campaign Creators

 

Melakukan pemasaran melalui media sosial memang mampu meningkatkan pelanggan secara luar biasa. Akan tetapi, dibutuhkan keterampilan dan pengalaman tersendiri untuk bisa melakukan pemasaran media sosial yang baik.

Maka, penting bagi Anda untuk memahami ilmu-ilmu dasar mengenai pemasaran melalui media sosial. Berikut ini 10 ilmu tentang marketing media sosial seperti dilansir dari KoinWorks.com.

1. Hukum Mendengarkan

Jika Anda ingin sukses dalam proses pemasaran konten melalui media sosial, pastikan untuk menjadi seseorang yang sedikit berbicara, namun lebih banyak mendengarkan.

Cobalah membaca konten online dari target audiens Anda dan ikuti diskusinya untuk mempelajari apa yang sesungguhnya penting bagi mereka. Baru setelah itu Anda dapat membuat konten yang dapat memicu percakapan yang memberi nilai tambah pada kehidupan mereka.

2. Hukum Fokus

Lebih baik menjadi seseorang yang memiliki spesialisasi daripada menjadi jack-of-all-trade. Strategi pemasaran konten yang sangat terfokus untuk membangun brand yang kuat memiliki peluang sukses yang lebih baik daripada strategi yang luas yang mencoba menjadi segalanya bagi semua orang.

3. Hukum Mutu

Kualitas mengalahkan kuantitas. Lebih baik memiliki 1.000 koneksi online yang membaca, berbagi, dan berbicara tentang konten Anda dengan para audiens daripada 10.000 koneksi yang hilang setelah terhubung dengan Anda untuk pertama kalinya.

4. Hukum Kesabaran

Keberhasilan media sosial dan konten marketing tidak terjadi dalam semalam. Untuk membangun konten dan merek bisnis yang maksimal memerlukan komitmen jangka panjang dari Anda.

Target audiens akan datang dan menghampiri Anda secara sendirinya di saat Anda berhasil membangun konten yang menarik minat mereka.

5. Hukum Peracikan

Jika Anda mempublikasikan konten berkualitas dan menakjubkan untuk membangun target audiens online Anda, mereka akan memiliki kecenderungan untuk membagikan konten tersebut di Twitter, Facebook, LinkedIn, atau blog mereka sendiri. Hal ini disebabkan karena konten yang Anda buat dianggap bermanfaat dan berguna bagi mereka.

Metode share konten Anda ini membuka titik masuk baru bagi mesin pencari seperti Google untuk menemukannya di pencarian kata kunci. Titik masuk tersebut bisa berkembang menjadi ratusan atau ribuan cara yang lebih potensial bagi orang untuk menemukan Anda secara online.

6. Hukum Pengaruh

Luangkan waktu untuk menemukan influencer online di pasar Anda yang memiliki pengikut yang berkualitas dan cenderung tertarik dengan produk, layanan, dan bisnis Anda. Terhubunglah dengan orang-orang itu dan bangunlah hubungan dengan mereka.

Jika Anda berhasil mendapatkan perhatian mereka sebagai sumber informasi bermanfaat yang menarik, mereka mungkin akan membagikan konten Anda pada pengikutnya, yang dapat menempatkan Anda dan bisnis Anda di depan audiens baru yang besar.

7. Hukum Nilai

Jika Anda menghabiskan seluruh waktu Anda di media sosial hanya untuk sekadar mempromosikan produk dan layanan Anda, maka orang akan berhenti mendengarkan Anda. Cobalah untuk menambahkan nilai pada setiap percakapan atau konten yang dibuat.

Fokuskan diri untuk menciptakan konten yang menakjubkan dan pengembangan hubungan dengan influencer online. Pada waktunya, orang-orang itu akan menjadi katalisator yang kuat untuk media pemasaran dari mulut ke mulut bagi Anda.

8. Hukum Pengakuan

Jangan abaikan siapa pun yang berusaha menjangkau Anda, baik itu konsumen potensial atau nonpotensial.

Membangun hubungan adalah salah satu bagian paling penting dari keberhasilan pemasaran media sosial, jadi selalu berikan respons secara cepat pada orang-orang yang menjadi audiens Anda.

9. Hukum Aksesibilitas

Pastikan Anda konsisten dalam proses publikasi konten. Cobalah untuk secara konsisten mempublikasikan konten pada waktu-waktu tertentu. Misalnya, Anda dapat menerbitkan konten setiap hari, atau setiap dua hari sekali.

Pilihlah jangka waktu yang membuat Anda nyaman, dan dapat berkomitmen atas itu. Pastikan Anda juga selalu siap siaga untuk memberikan respons atas komentar dari audiens terkait konten Anda.

10. Hukum Timbal Balik

Anda tidak dapat mengharapkan orang lain untuk membagikan konten Anda dan membicarakannya jika Anda tidak melakukan hal yang sama untuk mereka. Jadi, sebagian waktu yang Anda habiskan untuk media sosial harus difokuskan untuk berbagi dan berbicara tentang konten yang dipublikasikan orang lain.

Setelah Anda berhasil memahami 10 ilmu tentang marketing media sosial di atas, dipastikan bahwa media sosial akun bisnis Anda akan menarik audiens potensial yang datang dengan sendirinya.

Walaupun memerlukan komitmen yang besar dalam melakukan marketing media sosial. Namun, jika Anda setia dan konsisten melakukanya, hasil yang didapatkan tentunya akan sangat sebanding. Target audiens Anda akan menjadi konsumen potensial Anda di dunia online.


Leave a Reply