10 Digital Marketing Tools yang akan Menunjang Level Bisnis Anda

  • 09 Jun 2020
  • Diah Afrilian
  • 518

10 Digital Marketing Tools yang akan Menunjang Level Bisnis Anda

Digital Marketing saat ini menjadi media pemasaran yang jauh lebih efektif dibandingkan pemasaran konvensional. Dilansir melalui progresstech, digital marketing dapat meningkat hingga 137 persen dan berpeluang meraih kenaikan brand hingga 500 persen.

Demi menunjang keberhasilan strategi bisnis Anda, penting mengetahui sejumlah tools yang dapat memudahkan pekerjaan dalam upaya pemasaran digital. Berikut ini penjelasannya, 10 digital marketing tools yang bantu menunjang strategi bisnis Anda.

1. Canva

Canva merupakan aplikasi desain berbasis website. Cara penggunaannya yang praktis melalui ponsel Android, menjadikan canva pilihan mudah dalam membuat visualisasi bisnis. Poster, flyer, hingga pembuatan logo. Bagi sebuah brand bisnis, logo menjadi sesuatu yang sangat penting karena kaitannya dengan identitas. Maka, visualisasi brand dengan logo yang kreatif dan unik, menjadikan daya tarik tersendiri bagi konsumen.

2. SEMRush/ Ahrefs/ Google Trends

Setelah memiliki logo sebagai identitas binis, selanjutnya adalah tentang website. SEMRush/Ahrefs/Google Trends menjadi digital marketing tools yang membantu untuk menentukan kata kunci, dan selanjutnya dapat menggiring konsumen ke laman website bisnis. Kata kunci yang tepat akan membuat website bisnis mendapatkan peringkat di laman google search engine. Dengan begitu, brand awareness konsumen akan meningkat ketika suatu website mampu mendapatkan peringkat pada google search engine.

3. Trello

Koordinasi tim juga menjadi kunci untuk menjalankan bisnis yang baik. Digital marketing dalam penerapannya pun membutukan koordinasi. Trello merupakan tools yang bisa digunakan untuk membantu koordinasi tim. Melalui Trello, pengorganisasian untuk memasarkan brand menjadi lebih mudah. Website ini juga bisa digunakan sebagai ‘kantor’ digital dengan mengundang semua anggota tim, membuat to-do list dan mengunggah berbagai files kepentingan bisnis. Nantinya, para anggota tim dapat melihat dan mengerjakan tugas-tugasnya yang sudah diunggah melalui Trello.

4. Hootsuite

Melakukan digital marketing pada berbagai media sosial tentunya membutuhkan waktu untuk mengelola semua platform yang digunakan. Hootsuite bisa menjadi tools untuk mengelola media sosial yang digunakan untuk keperluan bisnis. Hootsuite memiliki fitur yang cukup lengkap dalam mengelola media sosial. Mulai dari mengorganisir konten hingga memasarkan binis. Ketika pengelolaan sosial media sudah dapat diatasi, maka pekerjaan mengelola bisnis akan lebih mudah.

5. MailChimp/GetResponse/SendinBlue

MailChimp, GetResonse dan SendinBlue merupakan digital marketing tools berupa e-mail. E-mail marketing seperti ini dapat digunakan untuk melakukan pendekatan yang lebih personal dengan konsumen. Konten marketing melalui e-mail ini disarankan lebih bersifat friendly dan tidak kaku. Dengan begitu, konsumen akan berpikir dan merasa bahwa produk atau jasa yang ditawarkan adalah apa yang memang dibutuhkannya.

6. Yoast SEO

Digital Marketing Tools selanjutnya adalah tambahan yang bisa memaksimalkan search engine optimization pada website bisnis. Yoast SEO ini berupa plugin tambahan yang akan memaksimalkan kata kunci yang digunakan pada website binis. Bukan untuk membawa konten website menjadi peringkat pertama, sekali lagi, hanya kata kunci yang akan dimaksimalkan menggunakan Yoast SEO ini.

7. Unsplash

Untuk melengkapi visualisasi bisnis dan memaksimalkan konten, Unsplash bisa menjadi digital marketing tools pilihan selanjutnya. Unsplash menyediakan foto dan gambar yang beragam. Website ini menawarkan files foto dan gambar dengan kualitas tinggi untuk memnuhi konten bisnis. Unsplash juga menawarkan penggunaan foto tanpa credit yang bisa digunakan dengan bebas. Namun, penggunaan credit dalam foto akan lebih dihargai.

8. CoSchedule dan BuzzSumo

Pengefektifan konten yang sudah diunggah juga akan berdampak pada digital marketing. Konten yang penjadwalannya tidak teratur dan terkesan berantakan serta memiliki keterlibatan yang rendah tidak akan memberikan dampak positif pada bisnis.

Tools penjadwalan konten seperti CoSchedule ini akan membantu waktu publikasi konten menjadi lebih tertata. Selain publikasi yang lebih tertata, perlu dipastikan juga bahwa konten memiliki keterlibatan tinggi dalam media sosial. BuzzSumo menjadi alternatif untuk menaikan keterlibatan konten pada media sosial. Kedua digital marketing tools ini akan membantu konsumen untuk menemukan penawaran yang diberikan oleh bisnis.

9. Google/Twitter/Facebook/Instagram Ads

Pentingnya ads sebagai periklanan bisnis juga perlu dioptimalkan untuk pemasaran bisnis. Melalui media periklanan, kampanye yang dilakukan bisnis akan menjadi lebih luas cakupannya dan mendapat khalayak yang lebih banyak lagi.

Periklanan online ini merupakan salah satu digital marketing tools untuk publikasi terkait bisnis secara visual. Media periklanan online ini digital marketing tools yang paling sering digunakan oleh para pebisnis. Memiliki sebaran yang lebih luas, media yang lebih beragam, membuat ads menjadi media digital marketing yanb dinilai efektif.

10. Google Analytics/Facebook Pixel

Langkah terakhir setelah melakukan optimalisasi digital marketing adalah analisis. Google Analytics dan Facebook Pixel bisa menjadi tools yang digunakan untuk memudahkan analisis. Meski keduanya memiliki kemiripan, namun ada perbedaan antara keduanya.

Google Analytics merupakan kode yang secara manual ditempelkan pada laman website bisnis, sedangkan Facebook Pixel berupa plugin tambahan yang perlu diinstal untuk website bisnis.

Digital Marketing Tools yang telah disebutkan di atas bisa menjadi opsi untuk pengoptimalan digital marketing untuk bisnis Anda. 10 tools yang disebutkan adalah yang lebih banyak digunakan, dan tidak menutup kemungkinan banyak tools atau alat penunjang serupa yang memiliki kesamaan.

Tentunya, dengan menggunakan fitur-fitur yang diberikan oleh digital marketing tools, pelaku bisnis akan lebih mudah dalam mengelola bisnisnya. Terutama bagi bisnis yang dilakukan secara online.

 


Leave a Reply